BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seorang pecinta kuliner Indonesia divonis dua tahun penjara karena makan daging babi di TikTok

Seorang pecinta kuliner Indonesia divonis dua tahun penjara karena makan daging babi di TikTok

Perhatikan apa yang Anda makan dan promosikan di media sosial di Indonesia. Lina Lotfyawati, 33, divonis bersalah atas penistaan ​​​​agama dan hasutan kebencian karena memakan sepotong daging babi dan menyiarkan gambar tersebut. Anda akan masuk penjara setidaknya selama dua tahun.

Penghujatan dan hasutan kebencian

Influencer gaya hidup Asia ini tinggal di Palembang, ibu kota provinsi Sumatera Selatan yang mayoritas penduduknya Muslim. Dia menyebut dirinya Lina Mukherjee di TikTok dan memiliki jutaan pengikut. Akunnya penuh dengan video-video lezat. Terkadang Anda makan iga, terkadang udang yang diasinkan, atau ikan yang berair.

Penjara selama dua tahun atas tuduhan memakan daging babi

Namun kesalahannya terjadi di Pulau Bali yang mayoritas penduduknya adalah orang India. Dia mengucapkan “Bismillah,” sebuah kata dalam bahasa Arab yang berarti “dengan nama Tuhan,” dan membenamkan giginya ke dalam sepotong kulit babi yang renyah. Pekan lalu, hakim asal Sumatera itu menyerahkan rancangan undang-undang tersebut kepadanya. Anda akan menghabiskan dua tahun penjara dan menerima denda lebih dari €15.000 atau tambahan tiga bulan penjara.

Setelah putusan dikeluarkan, pria berusia tiga puluhan itu mengenakan pakaian taubat. “Saya sadar saya melakukan kesalahan, namun saya tidak menyangka akan menerima hukuman dua tahun penjara,” kata Lotfyawati.

Memperluas cakupan undang-undang penodaan agama

Perundang-undangan di negara Muslim terbesar di dunia – 90% dari 275 juta penduduk Indonesia adalah Muslim – menjadi semakin ekstrem. Hal ini merupakan perkembangan yang mengejutkan karena Presiden Joko Widodo, yang telah berkuasa selama hampir satu dekade, telah mendeklarasikan “perang terhadap Islam radikal.” Menjelang pemilu tahun depan, kekuatan konservatif ingin memperkuat fondasi Islam, dan Lotfyawati menjadi korbannya.

READ  Bioskop membuka musim dengan musik live dari Metallica dan Berliner Philharmonic

Di sini Anda dapat menonton video TikTok yang menyinggung: