BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seperti inilah penampakan planet kita dari jarak enam miliar kilometer

Seperti inilah penampakan planet kita dari jarak enam miliar kilometer

Pada tanggal 14 Februari 1990, pesawat ruang angkasa Voyager 1 mengambil foto Bumi. Ini adalah gambar ikonik dari sebuah titik kecil.

penjelajah 1 Diluncurkan pada tanggal 5 September 1977 dan tiba di Jupiter satu setengah tahun kemudian. Pada tahun 1980, pesawat ruang angkasa terbang melewati planet Saturnus. Sepuluh tahun lalu, Voyager 1 mengambil foto pertama di luar tata surya, sebuah foto keluarga yang juga muncul di luar Bumi. Atau, pamer… Bumi tampak seperti titik kecil enam miliar tahun jauhnya dan hanya berukuran satu piksel. Oleh karena itu, laut dan benua tidak dapat dikenali pada gambar ini. Kami telah bergabung menjadi “titik biru pucat”, demikian sebutan gambar tersebut (dengan tepat).

Foto tersebut terkenal di dunia karena menunjukkan betapa kecilnya bumi. Sementara itu, alam semesta sangatlah luas. Enam miliar kilometer kedengarannya jauh, tapi itu tidak berarti apa-apa di Galaksi Bima Sakti kita – dan tentu saja di alam semesta. Pada tahun 1994, Carl Sagan menerbitkan sebuah buku berjudul “The Pale Blue Dot,” di mana ia menulis: “Lihat titik itu lagi. Ini di sini. Ini adalah rumah. Ini adalah kita. Di atasnya, semua orang yang Anda cintai, semua orang yang Anda kenal , semua orang yang pernah Anda dengar Tentang dia, setiap manusia yang pernah ada, menjalani hidupnya.(..) Bagi saya, ini menggarisbawahi tanggung jawab kita untuk memperlakukan satu sama lain dengan lebih baik dan untuk melestarikan serta menghargai titik biru muda, satu-satunya rumah yang pernah kita kenal.

Setelah gambar ini diambil, kamera Voyager 1 dimatikan secara permanen. Pada tahun 2012, pesawat luar angkasa ini menjadi wahana antariksa pertama yang mencapai ruang antarbintang. Hal ini menjadikan Voyager 1 sebagai objek buatan manusia pertama di luar tata surya. Kecepatan Voyager 1 adalah 61.198 kilometer per jam, sekitar seperdua puluh ribu kecepatan cahaya. Oleh karena itu, dalam 20 ribu tahun, Voyager 1 akan berjarak sekitar satu tahun cahaya dari kita. Pesawat luar angkasa itu melaju dengan kecepatan tinggi menuju konstelasi Pembawa Ular. Dalam waktu sekitar setengah juta tahun Bintang GJ 678 dan GJ 686 telah dikunjungi Sekitar tiga puluh tahun cahaya dari Bumi.

READ  Helikopter Inovasi NASA Tidak Bisa Terbang di Mars Saat Ini Karena Sensor Rusak - IT Pro - Berita

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya: kapan rekaman “Pale Blue Dot” berikutnya akan dirilis? Seperti disebutkan sebelumnya, kamera Voyager 1 tidak lagi berfungsi, jadi kita harus menunggu wahana antariksa berikutnya untuk melihat Bumi. Mungkin Cakrawala Baru? Kamera Setidaknya cukup kuat.

Dalam beberapa dekade terakhir, teleskop luar angkasa dan satelit telah menangkap gambar nebula, galaksi, pembibitan bintang, dan planet yang indah. Setiap akhir pekan, kami mengambil satu atau lebih gambar luar angkasa yang menakjubkan dari arsip. Nikmati semua gambarnya? Lihat di halaman ini.