BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Serangan terbuka terhadap inti proyek UE atau bagaimana UE bermaksud membuat situasi yang buruk menjadi jauh lebih buruk

Serangan terbuka terhadap inti proyek UE atau bagaimana UE bermaksud membuat situasi yang buruk menjadi jauh lebih buruk

Perang subsidi nyata antara UE dan AS sedang berlangsung lebih dekat. Ini adalah hasil dari dukungan pemerintah yang ingin didistribusikan oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden ke semua jenis industri yang seharusnya ramah lingkungan. Khususnya, sektor kendaraan listrik. Undang-undang AS yang memungkinkan hal ini disebut “Undang-Undang Pengurangan Inflasi”. Ini terdengar agak Orwellian. Lagi pula, distribusi dukungan fiskal lebih menekan harga.

Terlepas dari semua tekanan, Biden saat ini menolak untuk mengubah undang-undang. Sayangnya, Uni Eropa menanggapi dengan mengungkapkan rencananya sendiri untuk proteksionisme. Komisaris UE untuk Pasar Internal, Thierry Breton, misalnya, menginginkan “dana kedaulatan” UE di mana UE sendiri akan memberikan bantuan negara kepada industri Eropa. Hal ini meningkatkan risiko perang dukungan habis-habisan dengan Amerika Serikat. Yang pada gilirannya menyebabkan kerusakan besar Akan ke sistem WTO yang sudah goyah.

Breton berada di jalur proteksionis Prancis, jadi inilah yang diharapkan. dia adalah ditarik Dia juga mengundurkan diri dari Technology Trade Council (TTC) pada menit terakhir. Ini terutama berfokus pada pembukaan perdagangan melintasi Atlantik.

Von der Leyen memperburuk keadaan

Mungkin bahaya terbesar bagi perusahaan bebas di dalam Komisi UE adalah Presiden Ursula von der Leyen sendiri. Ia memiliki komisaris “iklim” UE yang agak fanatik, Frans Timmermans, dengan rencananya untuk kesayangan Sangat mendukung Kesepakatan Hijau Eropa. Bahkan saat Uni Eropa bergulat dengan kekurangan bahan bakar fosil yang masif. Akhir pekan lalu, rencana ini disetujui oleh perwakilan negara anggota dan Parlemen Eropa sepakatAkibatnya, warga sekarang juga harus membayar emisi mobil dan rumah melalui apa yang disebut sistem perdagangan emisi UE. Wakil Perdana Menteri Flemish Sahel Demir diperingatkan Benar jika ini terjadi – paripurna Parlemen Eropa belum mendeklarasikan dirinya – akan memiskinkan keluarga.

READ  Kelas Bisnis Garuda Indonesia 777: Tas campuran

Lagi pula, ukuran baru ini hadir di atas pajak impor iklim Eropa yang baru CBAM, sedangkan penduduk Eropa Barat pasti akan kembali harus membayar “Dana Iklim Sosial” Eropa yang baru. Itu seharusnya mengurangi biaya prosedur baru yang mahal, tetapi sumber daya akan melakukannya khususnya Pergi ke Eropa Timur.

Tanggapan terhadap proteksionisme AS aku ingin Von der Leyen sekarang juga menyerukan kepada UE untuk mengubah aturan bantuan negara untuk memungkinkan lebih banyak pengeluaran “transisi hijau”. Ini adalah serangan terbuka terhadap inti proyek UE: memastikan persaingan yang adil dalam pasar internal.

Kita seharusnya tidak mengharapkan banyak tentangan dari Komisioner Uni Eropa untuk Kebijakan Persaingan, Margrethe Vestager. Butuh sejauh ini hampir tidak Upaya untuk mengatasi pelanggaran mencolok aturan bantuan negara. Ia mencoba untuk mengklasifikasi ulang pengaturan pajak yang telah disetujui oleh negara-negara Eropa yang lebih kecil – seperti Belgia – dengan perusahaan multinasional sebagai “bantuan negara ilegal”.

Bagaimana UE mencoba memaksakan aturan pada produsen berada di luar kekuasaannya

Sementara program subsidi menyeluruh AS terutama merugikan orang yang ingin berinvestasi di AS, aturan UE yang baru-baru ini diusulkan tidak hanya menargetkan investor UE, tetapi juga produsen di luar yurisdiksi UE. Contohnya adalah Usul Arahan Uni Eropa tentang “uji tuntas keberlanjutan perusahaan”, yang mencakup perusahaan besar mengikat Untuk melaporkan semua jenis komitmen di sepanjang rantai nilai mereka, di mana mereka juga bertanggung jawab atas semua hal yang salah, khususnya di bidang keberlanjutan dan hak asasi manusia.

Di balik tabir asap ini terdapat keinginan UE untuk memaksakan standarnya sendiri pada mitra dagang. Peraturan serupa, yang sudah disepakati MencapaiMengerjakan regulasi UE Untuk memperkenalkan uji tuntas wajib untuk menghentikan deforestasi dalam rantai pasokan. Selain itu, perusahaan harus memverifikasi bahwa barang yang dijual di Uni Eropa tidak diproduksi di lahan yang terdeforestasi atau terdegradasi di mana pun di dunia. Faktanya, sektor kelapa sawit di Malaysia dan Indonesia terkena dampaknya secara tidak proporsional. Padahal produsen di luar sana sudah membuat banyak kemajuan di bidang ini.

READ  Tahun lalu, sebelas lapangan sepak bola menghilang dari hutan setiap menitnya

Kelapa sawit seperti momok

Menurut wadah pemikir Penelitian reaksi berantai (CRR) adalah deforestasi minyak sawit di Indonesia, Malaysia dan Papua Nugini menjatuhkan ke level terendah sejak 2017. Perusahaan Malaysia seperti Sime Darby, produsen minyak sawit lestari bersertifikat terbesar di dunia, baru-baru ini mengumumkan di sebuah Mereka berkomitmen untuk menjadi netral karbon pada tahun 2050 sebagai bagian dari agenda keberlanjutan mereka. Perusahaan juga berencana menghijaukan lahan seluas 400 hektar di Sabah dan Sarawak. Hingga saat ini, perusahaan mengoperasikan program penghijauan seluas lebih dari 40.000 hektar, dengan lebih dari 1,9 juta pohon baru ditanam.

Hapus sepenuhnya minyak sawit dari rantai pasokan Akan Pertama-tama juga memperburuk deforestasi. Karena alternatif seperti minyak bunga matahari atau rapeseed membutuhkan lebih banyak lahan, air, dan pupuk. Fakta bahwa banyak dari ini alternatif Mereka diproduksi di Uni Eropa, yang merupakan indikasi lain bahwa ada bau pelindung untuk semua ini. Ngomong-ngomong, kami belum menyebutkan konsekuensinya bagi konsumen UE.

Namun, pendekatan lain bisa dibayangkan. Berbeda dengan Uni Eropa merangsang Inggris, misalnya, hanya mensyaratkan produk untuk mematuhi peraturan setempat, sehingga menerapkan prinsip saling pengakuan. Ini lebih praktis dan lebih sejalan dengan semangat perdagangan bebas, karena harus ada kepercayaan terhadap standar mitra dagang. Tentu saja benar untuk menyesalkan standar tenaga kerja atau lingkungan yang lebih rendah di tempat lain di dunia. Ini umumnya meningkat pesat sebagai akibat dari perdagangan, bukan ancaman untuk mengakhiri hubungan perdagangan jika standar asing tidak diadopsi.

apa yang kamu harapkan?

Jerman dan Prancis menjadi Dia dilaporkan setuju dengan perlunya memperluas apa yang disebut “proyek signifikan untuk kepentingan bersama Eropa”. Ini adalah program UE yang memungkinkan penggunaan bantuan negara secara lebih luas, yang berpuncak pada semacam “Undang-Undang Pembelian Eropa”, referensi ke mitra AS yang proteksionis. Inisiatif ini sedang berlangsung diblokir oleh mitra koalisi liberal Jerman FDP, tetapi pertanyaannya adalah apakah ini akan tetap demikian. Setelah bertemu Joe Biden pemasang iklan Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang bertindak sebagai utusan ke Uni Eropa untuk membahas masalah tersebut, mengatakan dia dan Biden telah setuju untuk “menyelesaikan” perselisihan tersebut. Kami hanya bisa berharap ini akan terjadi, karena Uni Eropa bertekad untuk memperburuk situasi yang buruk.

READ  Saham Asia menguat di Wall Street setelah imbal hasil obligasi pemerintah turun

Peter Kleppy Dia adalah pemimpin redaksi Laporan BrusselSitus web yang berfokus pada berita dan analisis tentang politik UE.