BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Duta Besar Lambert Gregens: Apakah Anda mencari pasar penjualan yang besar?  Datanglah ke Indonesia' |  Kementerian

Duta Besar Lambert Gregens: Apakah Anda mencari pasar penjualan yang besar? Datanglah ke Indonesia' | Kementerian

Entri Blog | 09-09-2022 | Pelajari tentang duta besar kami dan pekerjaan mereka

Belanda berinvestasi lebih dari 1,5 miliar euro di Indonesia setiap tahunnya, menjadikannya investor Eropa terbesar di negara tersebut. Dimana Lambert Gregens, Duta Besar Belanda untuk Jakarta, melihat peluang bagi wirausaha?

Memperbesar gambar

gambar: ©pemerintah nasional

Duta Besar Lambert Gregens melihat peluang bagi perusahaan Belanda di Indonesia

Anda lahir di Indonesia, magang di sana saat masih mahasiswa, dan menjadi duta besar sejak tahun 2019. Negara seperti apa saat ini?

Perbedaannya sangat mencolok: mobil Maserati melaju di antara gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, sementara para petani yang berjarak 10 kilometer bekerja di ladang mereka tanpa alas kaki. Kelas menengah perkotaan berkembang pesat. Populasinya adalah kaum muda dan mereka melakukan segalanya dengan ponsel pintar mereka. Membayar adalah hal yang lumrah. dengan ponsel Anda.” Startup e-commerce telah tumbuh menjadi perusahaan yang sukses. Jutaan orang memesan produk dan makanan melalui aplikasi Gojek, serta taksi dan petugas kebersihan. Ini adalah kombinasi dari Bol.com dan Thuisbezorgd.nl, dengan layanan dari pengusaha lokal.

Mengapa hal ini menarik bagi pengusaha Belanda?

“Kerja sama dengan startup semacam ini memang menarik. Tapi bagaimana cara menemukan pendatang baru yang menjanjikan ini? Kedutaan bisa membantu dalam hal ini! Kami menghubungkan startup Indonesia dengan perusahaan Belanda. Holland Colours yang khusus bergerak di bidang pewarnaan plastik kini bekerja sama dengan Robries di perusahaan ini membuat furnitur warna-warni dan produk rumah tangga dari plastik daur ulang.

Perusahaan apa saja yang diminati Indonesia?

“Jaringan supermarket AHoldDelhaize berjalan baik di sini. Dan perusahaan yang memproduksi di sini untuk pasar lokal, seperti produsen lampu Signify. Kedutaan Besar Belanda mendukung Signify agar perusahaan tersebut terdaftar dalam katalog elektronik pemerintah Indonesia membeli penerangan jalan mereka.”

Memperbesar gambar
Mark Rutte mengunjungi Kedutaan Besar Jakarta

gambar: ©pemerintah nasional

Mark Rutte mengunjungi Kedutaan Besar Belanda di Jakarta

Apa lagi yang dilakukan Kedutaan Besar Belanda untuk wirausaha?

“Kedutaan Besar di Jakarta dan Kantor Dukungan Bisnis Belanda (NBSO) di Surabaya membantu perusahaan-perusahaan Belanda untuk memulai. Kami memberikan informasi tentang pasar lokal, memperkenalkan mereka kepada mitra bisnis potensial dan mendukung proyek percontohan pasar untuk keripik hewan peliharaan. Dia ingin pabrik permen Perfetti Van Melle memperkenalkan lini mesin baru di Indonesia Untuk memfasilitasi proses ini, kami telah memberikan dukungan dengan menghubungi pihak berwenang.

Bagaimana jika perusahaan menghadapi masalah setelah didirikan di Indonesia?

“Perusahaan-perusahaan besar Belanda yang memiliki cabang lokal melakukan transfer pengetahuan dan menciptakan banyak lapangan kerja. Sebagai imbalannya, mereka harus diberi kesempatan untuk bersaing secara adil dengan pemain Indonesia. Jika undang-undang baru ini menciptakan iklim yang sulit, kami akan membicarakan hal ini dengan kementerian. Kami siap melakukan intervensi ketika perusahaan mempunyai masalah dengan pihak berwenang Indonesia.”

Apa yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan jika ingin berbisnis di Indonesia?

“Ini tidak selalu merupakan pasar yang mudah. ​​Pada awalnya Anda harus bersabar, dengan kata lain: cadangan keuangan yang cukup. Sulit bagi perusahaan kecil untuk mendapatkan pijakan, itulah sebabnya Anda melihat perusahaan besar di sini masih mungkin. Sulit mendapatkan kontrak dari pemerintah, seperti di bidang transportasi dan infrastruktur. Sebagai kedutaan, kita menggandeng perusahaan-perusahaan, misalnya di bidang pengolahan sampah, lalu kita bersama-sama mempertemukan mereka dengan pemerintah atau kami mengatur partisipasi dalam pameran dan acara perdagangan Semoga beruntung Dengan perusahaan lokal. Dengan dukungan sebagian dari kedutaan, Ocean Cleanup dan Clear Rivers berupaya menghilangkan sampah dari sungai-sungai di Indonesia.

Memperbesar gambar
Pembersihan laut di Jakarta

gambar: ©Membersihkan laut

Membersihkan laut saat bekerja di Jakarta

Apa perbedaan budaya yang penting?

“Berbisnis lebih merupakan ikatan pribadi. Datang ke Indonesia beberapa kali untuk membangun hubungan; kontak virtual saja tidak cukup. Komunikasi terutama dilakukan melalui WhatsApp: seluruh pesan dikirim melalui WhatsApp pesan SMS dan tetap hangat Kontak Selain itu, makanannya penting Apakah Anda memiliki tiga tamu dan kemudian tidak mengeluarkan tiga kue, melainkan menyajikan semangkuk penuh.

Kedutaan Besar Belanda menyelenggarakan misi perdagangan. Apa yang dicapai dari hal ini?

“Pada tahun 2020, bersamaan dengan kunjungan resmi, terdapat misi dagang yang diikuti oleh dua ratus perusahaan. Hal ini menghasilkan perjanjian bernilai miliaran euro. Tugas seperti itu mendorong kemajuan dalam kesepakatan. FrieslandCampina telah mengumumkan pembangunan pabrik baru bekerja sama dengan Otoritas Investasi Indonesia. Kami pergi ke Sumatera Utara bersama delapan belas perusahaan untuk mencari cara berkolaborasi di bidang pertanian dan energi terbarukan. Misi ini memicu diskusi lebih lanjut tentang pemasangan panel surya terapung di dekat Medan.

Ekspor ke Indonesia tidak terlalu besar.

“Belanda mengekspor sekitar 800 juta euro ke Indonesia setiap tahunnya. Produk Belanda seringkali terlalu mahal untuk pasar Indonesia permainanIndustri kreatif dan film.

Apa saja peluang yang ada di negara-negara Asia sekitar?

“Kebijakan perdagangan Belanda berfokus pada lima negara prioritas: Vietnam, Thailand, Singapura, Malaysia dan Indonesia. Kedutaan bekerja sama; kami menyelenggarakan misi dagang bersama. Anda bisa bercanda: Apakah Anda punya uang? Pergi ke Singapura. Tidak ada uang, tapi kualitas? Pilih Malaysia, Mau berkembang? Lalu harus di Vietnam. Mau massal? Lalu datang ke Indonesia yang jumlah penduduknya 270 juta, pasar penjualan di sini besar.

tahu lebih banyak?
Silakan menghubungi Kedutaan Besar Belanda di Jakarta melalui [email protected].

Artikel ini sebelumnya muncul di majalah GLOBE.

Baca juga wawancara tentang berbisnis di Jerman, berbisnis di Polandia, dan berbisnis di Afrika Selatan.

READ  Jadestone Energy mempertahankan target produksi dan belanja modal