BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Setidaknya 68 tewas dalam kerusuhan penjara Ekuador | Luar negeri

VideoPuluhan orang tewas lagi dalam kerusuhan penjara di kota Guayaquil, Ekuador. Sedikitnya 68 tahanan tewas dalam baku tembak sengit antara anggota geng narkoba yang bersaing pada Sabtu, kata polisi. Selain itu, 25 tahanan terluka.


editor asing


Terakhir diperbarui:
09:32




Pertempuran pecah di kota pelabuhan Penitenciaria del Litoral Sabtu pagi. Gambar di media sosial menunjukkan, antara lain, bagaimana mayat, beberapa dikremasi, tergeletak di tanah di penjara.

“Para tahanan mencoba meledakkan tembok untuk menyeberang ke bagian yang berdekatan dari fasilitas di mana anggota geng-geng saingan berada,” kata Gubernur Guayas Pablo Arosimena pada awal pertarungan delapan jam itu. Mereka juga membakar kasur untuk meracuni pesaing mereka dengan asap. “Kami memerangi penyelundupan narkoba,” kata Arosimena. ,,ini sangat sulit.”

Polisi mengurung mayat seorang tahanan di dinding kompleks penjara di kota Guayaquil, Ekuador, di mana sedikitnya 68 orang tewas dalam pertempuran sengit pada Sabtu. © AP

Menurut juru bicara Presiden Guillermo Laso, pertempuran baru dilaporkan terjadi di kompleks penjara pada Sabtu sore. 700 petugas polisi bekerja untuk mengendalikan situasi, beberapa dari mereka di dalam penjara. Tidak jelas apakah pihak berwenang mengendalikan situasi di fasilitas itu, yang memiliki lebih dari 8.000 narapidana.

Pertempuran di kompleks yang sama mengakibatkan kematian 119 tahanan pada akhir September, pembantaian terbesar dalam sejarah penjara Ekuador. Presiden Lasso kemudian menjanjikan bala bantuan militer di semua 65 penjara di negara itu. Namun Mahkamah Konstitusi membatasi tindakan ini pada 12 Oktober dan melarang militer memasuki penjara.

Sistem penjara di negara Amerika Selatan ini memiliki banyak kekurangan. Misalnya, ada terlalu banyak tahanan di dalam ruang yang tersedia. Sistem keamanan juga tidak memadai, memungkinkan para penjahat untuk menyelundupkan senjata dan bahan peledak dalam skala besar. Tahun ini, hampir 300 narapidana tewas di pemukiman bersama di dalam tembok lembaga pemasyarakatan. Pertarungan berdarah sering berakhir dengan pembobolan penjara.

Kerabat dan kenalan narapidana datang ke penjara untuk mencari informasi tentang nasib keluarga mereka di pusat penahanan.

Kerabat dan kenalan narapidana datang ke penjara untuk mencari informasi tentang nasib keluarga mereka di pusat penahanan. © Reuters

Polisi dan tentara di depan kompleks penjara.

Polisi dan tentara di depan kompleks penjara. © Reuters

READ  1 persen terkaya memancarkan dua kali lebih banyak dari separuh termiskin