BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Setidaknya lima puluh orang tewas dalam pembantaian selama misa Pentakosta di gereja Nigeria di luar negeri

Di Nigeria, orang-orang bersenjata membantai umat Katolik di sebuah gereja di Owo, negara bagian Ondo, di barat daya negara itu. Setidaknya lima puluh orang tewas dan puluhan lainnya terluka, menurut dokter dari rumah sakit yang penuh sesak di daerah tersebut.

Media lokal melaporkan bahwa para penyerang menembak dan membunuh jemaat gereja di Gereja St. Francis Xaverius selama hari Minggu Pentakosta dan melemparkan bahan peledak. Mereka juga diduga menculik beberapa orang. Rekaman video setelah penembakan menunjukkan mayat, termasuk anak-anak, dalam genangan darah.

Pemimpin wilayah tersebut, Arakunrin Uluwarotimi Akridulu, berbicara tentang serangan keji dan kejam terhadap orang yang tidak bersalah. Dia mendesak tenang dan mendesak orang untuk tidak mengambil hukum ke tangan mereka sendiri.

Di bagian utara negara Afrika Barat yang berpenduduk mayoritas Muslim itu, lebih banyak terjadi perampokan gereja oleh geng-geng bersenjata, termasuk Muslim radikal. Kekerasan seperti itu jarang terjadi di barat daya.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari, yang pemerintahnya dipersalahkan atas meningkatnya kekerasan di negara itu, mengutuk serangan itu. Apapun yang terjadi, negara ini tidak akan menyerah pada penjahat ini. “Kegelapan tidak akan pernah mendominasi cahaya,” katanya.

© AP

READ  Setelah ultimatum Rusia berakhir di Mariupol, Ukraina terus berjuang