BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sinn Fein sedang dalam perjalanan untuk memenangkan pemilihan di Irlandia Utara

Sinn Fein menerima suara terbanyak dalam pemilihan Irlandia Utara setelah putaran pertama, menurut BBC. Partai pro-Reunifikasi di Irlandia, dengan 29 persen suara, mengungguli yang terkuat kedua, Partai Persatuan Demokratik Inggris, yang mendapat 21,3 persen suara.

Pada pemilu sebelumnya, selisih dua partai ini hanya 0,1 persen. Harus jelas apa arti hasil alokasi kursi saat ini paling lambat Sabtu, media Inggris melaporkan.

Sinn Fein selalu memiliki hubungan dekat dengan Tentara Republik Irlandia, sebuah gerakan yang berjuang keras untuk bergabung dengan Irlandia. Pemimpin partai Michelle O’Neill menyebut kemenangan itu sebagai “hasil bersejarah” dan mengatakan itu akan fokus pada meningkatnya biaya hidup dan perawatan kesehatan.

kelumpuhan

Jika Sinn Féin benar-benar menjadi partai terbesar, itu juga akan diizinkan untuk memasok Perdana Menteri, dan itu berarti semacam gempa politik. Sampai sekarang, posisi Perdana Menteri selalu dipegang oleh partai-partai yang mendukung mempertahankan persatuan dengan Inggris Raya dan yang tidak menginginkan Irlandia Utara menjadi bagian dari Irlandia.

Pembentukan pemerintah mungkin gagal karena perselisihan yang sedang berlangsung atas keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Perjanjian Jumat Agung tahun 1998 menyatakan bahwa partai nasionalis dan serikat pekerja terbesar Sebaiknya bekerja sama. Kegagalan untuk melakukannya dapat melumpuhkan politik di Irlandia Utara dan menciptakan krisis konstitusional yang memerlukan intervensi dari pemerintah Inggris.

READ  Langsung | Eindhoven: Tinggal jauh dari pusat kota Interiornya