BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Situasi semakin buruk di bandara Kabul, dan Amerika Serikat meminta warganya untuk tidak datang

Mengikuti contoh Amerika Serikat, militer Jerman kini juga akan mengevakuasi warga sipil yang tidak dapat mencapai bandara. Tentara Jerman telah membawa dua helikopter ke Afghanistan untuk tujuan ini. Rencananya adalah memindahkan sekelompok kecil orang di Kabul dan membawa mereka ke bandara.

Helikopter tersebut dikawal oleh Angkatan Udara AS, yang mengerahkan helikopter Chinook untuk mengevakuasi orang. “Ini adalah operasi udara nyata, bukan ‘layanan taksi’,” kata seorang pejabat militer kemarin.

Pemimpin Taliban Tiba di Kabul

Sementara itu, salah satu pendiri Taliban dan pejabat senior tiba di Kabul. Hal ini terkait dengan Mullah Abdul Ghani Baradar, yang sedang dalam pembicaraan dengan pemimpin Taliban lainnya untuk membentuk pemerintahan baru. Menurut juru bicara organisasi teroris Islam ekstremis, dalam beberapa minggu mendatang akan menjadi jelas seperti apa pemerintahan baru itu.

Baradar diharapkan memainkan peran penting dalam negosiasi antara Taliban dan bekas pemerintah Afghanistan. Taliban mengatakan mereka menginginkan pemerintahan yang “inklusif dan Islami” dan mengklaim pemerintahan itu lebih moderat daripada tahun 1990-an, ketika Taliban memerintah pemerintahan teror Afghanistan. Tuduhan ini diikuti dengan kecurigaan oleh banyak orang.

READ  Masuknya migran di pantai Eropa selatan: prospek terbatas karena Corona