BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Solar Magazine – PUM mencari tenaga surya profesional yang ingin membuat perbedaan di negara berkembang

Martijn Schootstra dapat dilihat sebagai platform terkemuka di sektor PV Belanda. Antara lain, dia adalah salah satu pendiri pemasok panel surya Energieker, anggota dewan Holland Solar, dan inspektur Zonnekeur. Pada tahun 2022, dia akan menjadi penasihat teknis FRES yang membawa tenaga surya off-grid ke Afrika. Dia juga memimpin Tim Surya Direktur Penyiaran Program, atau PUM. Itu bisa menggunakan dorongan.

Apa itu PUM?
Jaringan ahli di semua bidang. Didirikan pada tahun 1978 oleh organisasi pengusaha VNO-NCW. Kami mendukung pengusaha di negara berkembang dan pasar negara berkembang untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

bagaimana kamu melakukannya?
Organisasi ini mempekerjakan sekitar 1.600 sukarelawan, masing-masing dengan keahliannya masing-masing. Mereka berbagi pengetahuan profesional dan sektoral mereka dengan usaha kecil dan menengah. Kami melakukan ini di 34 negara. Fokusnya adalah pada ketahanan pangan, perdagangan dan industri, jasa, kesehatan dan lingkungan. Tim energi kami terdiri dari 50 orang, 30 di antaranya terlibat dalam proyek energi surya.

Siapa yang membayar itu?
Apa yang kami lakukan ini dimungkinkan berkat VNO-NCW dan dukungan Kementerian Luar Negeri. Kami memiliki sejumlah kecil karyawan berbayar di Den Haag. Pakar kami bekerja secara gratis. Kami membayar perjalanan mereka, dan akomodasi mereka diatur oleh pengusaha lokal.

Menjadi relawan PUM melibatkan banyak perjalanan?
Sejak Corona, pekerjaan kami menjadi lebih hibridisasi dan seringkali juga ada koneksi digital untuk membantu proyek sebanyak mungkin dengan cara ini. Tetapi biasanya orang-orang kami pergi ke luar negeri setahun sekali selama dua minggu untuk memberi nasihat di tempat dan menyingsingkan lengan baju.

Proyek apa yang harus saya pertimbangkan?
Saya berada di Kolombia membantu perusahaan teknik kelistrikan yang sukses mengambil langkah pertamanya dengan energi surya. Saya mengunjungi sebuah perusahaan perdagangan di Mali. Itu sudah jauh dalam energi matahari, tapi dia menginginkan lebih. Saya menempatkan mereka di jalur pompa irigasi bertenaga surya yang sekarang mereka jual dengan sukses. Sebuah proyek di Indonesia berpusat pada instalasi tahan api dan pekerjaan atap yang aman. Saya baru saja kembali dari sekolah teknik di Tanzania yang membutuhkan lebih banyak pengetahuan tentang sistem energi surya yang terhubung dengan jaringan.

READ  Bowls Kortrijk membuka cabang keduanya di Bruges

Sepertinya ini pekerjaan yang menyenangkan…
Anda memiliki waktu dua minggu untuk mengatasi suatu masalah; Melaksanakan diagnosa, mencari solusi dan membantu orang dengan nasihat yang baik. Proyeknya tidak pernah sama, Anda berhubungan dengan banyak budaya. Anda benar-benar membantu pengusaha lebih banyak, dan pada gilirannya membantu komunitas mereka juga. Selain itu, Anda bekerja pada keberlanjutan, itulah sebabnya kami semua memilih untuk fokus pada energi matahari.

Apakah Anda mencari orang baru sekarang?
“Sektor surya sangat sibuk. Segalanya bergerak sangat cepat di mana-mana, terutama di negara kaya. Yang lain juga ingin terlibat. Kami mendapat banyak pertanyaan dari pengusaha dari negara berkembang. Jadi tim surya kami dapat menggunakan ekspansi. Bisnis ini Sangat berharga dan memotivasi.Sebagian besar sukarelawan kami terdiri dari para ahli yang sudah memiliki karir penuh.Mereka tetap diterima.Tetapi kaum muda semakin membutuhkan makna dan pemberi kerja ingin semakin memfasilitasi ini.Di PUM kami menawarkan peluang besar untuk ini.Jadi Saya dengan hangat mengundang siapa pun yang tertarik untuk menghubungi saya Atau mendaftar melalui situs web PUM.