BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

SpaceX hari ini menguji penerbangan Starship: roket terbesar yang pernah ada

SpaceX hari ini menguji penerbangan Starship: roket terbesar yang pernah ada

Perusahaan pembuat roket Elon Musk telah mengerjakan mega-pesawat ruang angkasa selama bertahun-tahun. Musk mempresentasikan rencana roket pada tahun 2017 dan menyebut pesawat itu sebagai Big Fucking Rocket. Itu kemudian dimodifikasi menjadi roket Falcon yang lebih besar.

Tinggi 120 meter

Roket besar itu tingginya hampir 120 meter. Ini 10 meter lebih tinggi dari roket Saturn V yang membawa manusia ke bulan antara tahun 1968 dan 1972.

Roket baru ini dua kali lebih tinggi dari pesawat ulang-alik dan hampir tiga kali lebih tinggi dari roket Soyuz yang membawa astronot Belanda Andre Kuipers ke luar angkasa.

14:00 hingga 16:30

Starship dapat diluncurkan hari ini antara pukul 14.00 dan 16.30 waktu Belanda. Ini dilakukan dari pangkalan luar angkasa SpaceX sendiri di negara bagian Texas AS, yang berbatasan dengan Meksiko.

Bagian bawah adalah pendorong super berat sepanjang tujuh puluh meter, mesin yang memastikan roket lepas landas. Saat pekerjaan itu selesai, peluncur akan jatuh di Teluk Meksiko.

Trajectory Starship Capsule

Kapsul kapal luar angkasa setinggi lima puluh meter, lalu orang duduk, lalu terbang.

Rutenya adalah sebagai berikut: Roket akan melintasi Samudera Atlantik, Afrika Selatan, Samudera Hindia, Indonesia dan Samudera Pasifik. Setelah satu setengah jam dan hampir satu lingkaran penuh mengelilingi Bumi, dia akan melakukan pendaratan terkontrol di Samudra Pasifik dekat Hawaii.

Di penghujung 2018, SpaceX memilih nama Starship. Kapal awalnya akan tetap dekat dengan Bumi, tetapi suatu hari berencana untuk pergi ke Bulan dan Mars.

Kursi sudah dibeli di pesawat

Belum diketahui kapan penerbangan berawak pertama dengan Starship akan dilakukan. Pesawat ruang angkasa itu seharusnya melakukan tur keliling bulan dan kembali di tahun-tahun mendatang.

READ  Gwen Glabbers dari Lelystad ingin melintasi Afrika dengan Toyota Land Cruiser untuk memberikan ceramah inspirasional kepada wanita

Kursi di kapal dibeli oleh miliarder Jepang Yusaku Maezawa. Dia pergi bersamanya dan ingin mengajak DJ Steve Aggie bersamanya.