BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sunak mendapat dukungan dari anggota parlemen Johnson, kembali dari reses

Agensi Pers Prancis

NOS. Berita

Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak adalah yang pertama mendapat dukungan dari setidaknya 100 anggota parlemen Konservatif. Ini jelas dari Nomor media Inggris. Ini akan memungkinkan Sunak untuk mengambil bagian dalam pemilihan kepemimpinan Partai Konservatif dan pertempuran untuk menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru.

Dia belum maju ke depan, tapi tidak diragukan lagi dia akan melakukannya. Pada pemilihan pimpinan sebelumnya, pada bulan Agustus, Sunak berada di urutan kedua di belakang Liz Truss. Dia mendapat dukungan dari anggota parlemen, tetapi anggota partai memilih Truss.

Ada juga banyak spekulasi bahwa Boris Johnson mungkin ingin bergabung. Dia kembali pagi ini dari liburannya di Republik Dominika dan itu hanya berarti satu hal, menurut media Inggris. Menteri Perdagangan James Doddridge mengatakan Johnson mengatakan kepadanya bahwa dia “siap”. Hingga saat ini, ia akan mendapat dukungan tidak kurang dari 53 anggota partai. Johnson telah menjadi anggota Parlemen sejak akhir September.

Benny Mordaunt, pemimpin partai di House of Commons, adalah orang pertama yang ambil bagian dalam pertempuran itu. Dia tweeted kemarin bahwa dia “menjamin awal yang baru dan akan menyatukan pesta.” Mordaunt memiliki 22 Konservatif di belakangnya sejauh ini.

Dia memposting video kampanyenya di Twitter pagi ini. Itu dimulai di kampung halamannya di Portsmouth:

Sejauh ini, sekitar setengah dari anggota parlemen Konservatif telah menyatakan preferensi. Kandidat memiliki waktu hingga Senin sore untuk mendukung 100 anggota partai.

Setelah itu, anggota Konservatif House of Commons akan menyatakan preferensi mereka untuk seorang kandidat. Ini adalah tip pemungutan suara untuk 170.000 anggota partai, yang memilih pemenang dengan suara mereka. Tujuannya adalah untuk menunjuk perdana menteri baru sebelum akhir minggu.

Pemilihan baru tampaknya tidak menjadi agenda, meskipun ada seruan dari oposisi Partai Buruh. Rencana ini untuk tahun 2025 dan juga harus dibatalkan pendaftarannya oleh partai yang berkuasa. Partai Konservatif tidak menunggunya. Jajak pendapat menunjukkan bahwa Partai Buruh saat ini unggul. Tidak mengherankan mengingat pertengkaran internal dan skandal di Partai Konservatif, dari pesta virus corona Johnson hingga rencana penarikan pajak Truss.

Perdana menteri baru memiliki tugas yang sulit di depan. Pada 31 Oktober, rencana pajak jangka menengah dimasukkan ke dalam agenda. Ekonomi Inggris tidak berjalan dengan baik, inflasi tinggi dan harga bahan bakar meningkat.