BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sungai menderita mode warna-warni, jadi warna cerah akan membantu

Sungai menderita mode warna-warni, jadi warna cerah akan membantu

Perusahaan mode besar berinvestasi dalam air limbah yang lebih bersih. Primark mengatakan kepada NOS bahwa 37 pabrik di Bangladesh, tempat perusahaan bekerja lebih banyak, telah menguji air limbah sejak 2020 dan mengumumkan hasilnya. Namun, Primark memiliki pakaian yang dibuat di lebih banyak negara dan tidak memberikan informasi apa pun tentang situasi di sana.

H&M menyatakan dalam Laporan Keberlanjutan Tahunannya bahwa 88 persen lokasi produksi terkontrol dengan fasilitas pemurnian air akan memenuhi persyaratan air limbah yang ditentukan pada tahun 2021.

Kulit lemon dan struktur nano

Startup dan peneliti mengembangkan pewarna tekstil alami, tanpa bahan kimia. Cat alami ini berasal dari, misalnya, ganggang, jamur, buah-buahan, tanaman dan bunga.

Perancang busana Viktor dan Rolf pernah menggunakan wol seniman tekstil Claudi Jongstra hitam Menggunakan indigo tingtur kutu. Primark dan merek luar ruangan Patagonia telah meluncurkan pakaian yang diwarnai dengan kulit lemon dan daun palem.

Namun, ada satu kelemahan utama cat alami. “Warna yang dibuat dengan bahan-bahan alami relatif cepat memudar, sehingga tidak terlalu menarik bagi banyak merek, karena mereka ingin menawarkan produk yang stabil warna,” Vandoorne menjelaskan.

Lihatlah warna secara berbeda

Jadi Boto sedang mengerjakan metode pewarnaan yang sama sekali berbeda, menggunakan struktur nano. “Kumbang, antara lain, memiliki struktur nano ini. Warnanya bergantung pada bagaimana cahaya dipantulkan pada mereka. Jenis warna kerangka ini terdiri dari creatine dan melanin: zat yang sangat umum di alam. Jika Anda dapat memintal benang dengan warna kerangka, Anda benar-benar bisa memakai setiap warna.” “.

Terlepas dari perkembangan teknologi, baik peneliti maupun jurnalis percaya bahwa konsumen dan industri harus memandang warna secara berbeda. “Apakah sangat buruk ketika warnanya memudar setelah beberapa saat?” tanya Bhutto. “Pakaian yang berubah perlahan bisa menarik. Mereka juga dapat dengan mudah digunakan kembali atau diwarnai ulang, membuat daur ulang lebih mudah.”

READ  Boeing: Masalah baru dengan 737 Max | Ekonomi