BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tawanan perang dibebaskan berkat barter politisi pro-Rusia | Saat ini

Rusia pada Rabu membebaskan 205 tawanan perang Ukraina dan 10 orang asing. Menurut seorang pejabat Ukraina, ini karena pertukaran dengan politisi pro-Moskow yang, antara lain, sudah ditangkap oleh Ukraina beberapa bulan lalu. Dilaporkan bahwa Ukraina telah membebaskan 55 tawanan perang Rusia.

Rusia membebaskan 10 tawanan perang asing, termasuk dua orang Amerika, pada hari Rabu setelah mediasi oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Pejabat Ukraina dikonfirmasi ke kantor berita Reuters Sebanyak 205 pejuang Ukraina yang berjuang untuk kota pelabuhan Mariupol juga dibebaskan oleh Rusia.

Salah satu pria yang dibebaskan adalah Ilya Samuelenko. Prajurit berusia 28 tahun ini telah menjadi ikon: seorang pria dengan janggut besar, mata palsu, dan kait di lengan kanannya, bukan tangannya.

Tahanan dibebaskan berkat pertukaran dengan sekutu Putin

Menurut Perusahaan Penyiaran Publik Ukraina Susplin Pertukaran itu terjadi di dekat kota Chernihiv di Ukraina utara.

Dikatakan bahwa para tahanan dibebaskan berkat pertukaran dengan pengusaha dan politisi Ukraina Viktor Medvedchuk. Ini adalah sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin. Pemerintah Ukraina menangkap politisi pro-Kremlin ini musim semi ini ketika dia berusaha keluar dari tahanan rumah.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebelumnya menawarkan Rusia untuk menukarnya dengan tahanan.

READ  Jurnalis foto pemenang Hadiah Pulitzer tewas dalam pertempuran di Afghanistan