BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Teleskop Luar Angkasa Webb Mencapai Tujuan Satu Juta Mil Dari Bumi – Mencapai Orbit “Halo” Sekitar L2

Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) adalah Observatorium Besar NASA berikutnya; mengikuti garis Teleskop Luar Angkasa Hubble, Observatorium Sinar Gamma Compton, Observatorium Sinar-X Chandra, dan Teleskop Luar Angkasa Spitzer. JWST menggabungkan kualitas dua pendahulunya, mengamati dalam cahaya inframerah, seperti Spitzer, dengan resolusi halus, seperti Hubble. Kredit: NASA, SkyWorks Digital, Northrop Grumman, STScI

Hari ini, pukul 2 siang EST, Webb menembakkan pendorong onboardnya selama hampir lima menit (297 detik) untuk menyelesaikan koreksi kursus pascapeluncuran terakhir ke lintasan Webb. Luka bakar koreksi di tengah jalan ini memasukkan Webb ke orbit terakhirnya di sekitar titik Lagrange Matahari-Bumi kedua, atau L2, hampir 1 juta mil jauhnya dari Bumi.

Pembakaran di tengah jalan terakhir hanya menambahkan sekitar 3,6 mil per jam (1,6 meter per detik) – hanya dengan berjalan kaki – ke kecepatan Webb, yang diperlukan untuk mengirimnya ke orbit “halo” yang disukainya di sekitar titik L2.

“Webb, selamat datang di rumah!” dikatakan NASA Administrator Bill Nelson. “Selamat kepada tim atas semua kerja keras mereka memastikan kedatangan Webb dengan selamat di L2 hari ini. Kami selangkah lebih dekat untuk mengungkap misteri alam semesta. Dan saya tidak sabar untuk melihat pandangan baru pertama Webb tentang alam semesta musim panas ini!”

Orbit Web MCC2 Burn

Klik pada diagram lintasan untuk versi layar penuh. Kredit: Steve Sabia/NASA Goddard

Orbit Webb akan memungkinkannya melihat kosmos secara luas pada saat tertentu, serta kesempatan untuk optik teleskop dan instrumen ilmiahnya menjadi cukup dingin untuk berfungsi dan melakukan sains yang optimal. Webb telah menggunakan propelan sesedikit mungkin untuk koreksi arah saat bergerak keluar ke ranah L2, untuk meninggalkan propelan sebanyak mungkin untuk operasi biasa Webb selama masa pakainya: station-keeping (penyesuaian kecil untuk menjaga Webb di orbit yang diinginkannya ) dan momentum unloading (untuk melawan efek tekanan radiasi matahari pada sunshield yang besar).

READ  Hati-hati dan kelelahan, Los Angeles sebagian besar menerima mandat topeng yang dipulihkan

“Selama sebulan terakhir, JWST telah mencapai kesuksesan luar biasa dan merupakan penghargaan untuk semua orang yang menghabiskan bertahun-tahun dan bahkan puluhan tahun untuk memastikan keberhasilan misi,” kata Bill Ochs, manajer proyek Webb di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA. “Kami sekarang berada di ambang penyelarasan cermin, aktivasi dan commissioning instrumen, dan awal dari penemuan yang menakjubkan dan menakjubkan.”

Sekarang segmen cermin utama Webb dan cermin sekunder telah insinyur dari posisi peluncuran mereka, akan memulai proses tiga bulan canggih menyelaraskan optik teleskop untuk presisi hampir nanometer.