BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Teleskop NASA mendeteksi tanda tanya kosmik di luar angkasa

Teleskop NASA mendeteksi tanda tanya kosmik di luar angkasa

Perkiraan waktu membaca: 3-4 menit

WASHINGTON – Pengeboman benda kosmik berupa tanda tanya bercahaya merupakan salah satu foto terbaru yang diambil NASA. Teleskop Luar Angkasa James Webb – Para ilmuwan berpikir mereka tahu apa itu.

Gambar inframerah-dekat asli, dirilis pada 26 Juli, menggambarkan sepasang bintang muda bernama Herbig-Haro 46/47. Ditemukan 1.470 tahun cahaya di konstelasi Vela di dalam Bima Sakti, bintang-bintang masih aktif membentuk dan mengorbit satu sama lain.

Keduanya telah diamati dan dipelajari oleh teleskop luar angkasa dan berbasis darat sejak tahun 1950-an, tetapi teleskop Webb yang sangat sensitif memungkinkan untuk resolusi tertinggi dan gambar paling detail hingga saat ini. Ia memiliki kemampuan untuk mengamati alam semesta pada panjang gelombang yang lebih panjang daripada teleskop luar angkasa lainnya.

Teleskop Webb menerangi informasi tentang asal-usul alam semesta kita, tetapi kemunculan objek misterius di latar belakang gambar ini menyisakan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Tanda tanya kosmik belum diamati atau dipelajari dengan cermat, sehingga para ilmuwan tidak sepenuhnya yakin dengan asal dan komposisi objek tersebut.

Tapi mereka punya beberapa ide berdasarkan bentuk dan lokasinya.

“Hal pertama yang dapat Anda kesampingkan adalah bahwa itu adalah bintang di Bima Sakti,” kata Matt Kaplan, profesor fisika di Illinois State University. “Bintang selalu memiliki tonjolan yang sangat besar, dan itu karena bintang itu seperti titik. Mereka disebut difraksi dari tepi cermin dan penopang yang mendukung jenis kamera di tengah.”

Kaplan menambahkan bahwa teleskop Webb biasanya memungkinkan Anda untuk melihat “cabang” bintang enam atau delapan jika Anda melihat lebih dekat. “Itu langsung memberi tahu Anda bahwa itu bukan bintang,” katanya tentang fenomena berbentuk tanda tanya.

READ  NASA Menugaskan Kembali Astronot Boeing Starliner yang Terlambat ke SpaceX

Itu bisa menjadi penggabungan dua galaksi, kemungkinan besar terpisah miliaran tahun cahaya, lebih jauh dari Herbig-Haro 46/47, kata Christopher Brett, seorang ilmuwan pendidikan dan penjangkauan di Office of Public Outreach di Space Telescope Science. Lembaga yang mengelola operasi sains teleskop Webb.

Ada “banyak sekali galaksi di luar Bima Sakti kita,” kata Brett. “Sepertinya ini adalah hal yang cukup sering Anda dapatkan – saat galaksi tumbuh dan berkembang melalui waktu kosmik – terkadang mereka bertabrakan dengan tetangga terdekatnya.

“Dan ketika itu terjadi, itu bisa berubah bentuk menjadi segala macam bentuk yang berbeda – termasuk tanda tanya, sepertinya.”

pertanyaan kosmik

Kemungkinan ini adalah pertama kalinya objek khusus ini terlihat, kata para ahli, tetapi penggabungan galaksi menjadi bentuk seperti tanda tanya telah terjadi sebelumnya – termasuk versi mundur yang dibentuk oleh galaksi Antennae di konstelasi Corvus. Selain itu, sebagian besar galaksi telah mengalami banyak interaksi seperti ini selama sejarahnya, kata Brett, tetapi interaksi tersebut tidak berlangsung lama.

“Tidak ada cara untuk memproyeksikan apa pun (di) luar angkasa,” kata Kaplan. “Matahari bergerak saat berputar mengelilingi galaksi, dan galaksi, yang terdiri dari bintang-bintang, bergerak ke arah manapun gravitasi menariknya.”

Integrasi ini juga merupakan nasib akhir galaksi kita, yang akan bergabung dengan Galaksi Andromeda dalam waktu sekitar 4 miliar tahun, kata Brett — tetapi bentuk galaksi kita tidak diketahui.

Brett mengatakan bentuk tanda tanya bisa jadi “indikasi penggabungan di mana kedua galaksi ini berinteraksi secara gravitasi”. “Bagi saya, kait tanda tanya di bagian atas terlihat seperti apa yang kita sebut ekor pasang surut, di mana aliran bintang dan gas terlepas dan meluncur ke luar angkasa.”

READ  Penjelajah Mars Perseverance NASA mengambil gambar formasi batuan unik di 'dasar danau kuno'

Brett dan Kaplan mengatakan bahwa mengumpulkan lebih banyak data spektral tentang objek tersebut akan mengungkap lebih banyak detail seperti jarak dan komposisi kimianya.

Tidak ada yang akan melakukan ini, kata Kaplan, karena itu cukup banyak “orang lokal menemukan tender ayam yang terlihat seperti George Washington.” “Tapi ada () pengamatan yang bisa Anda lakukan jika Anda cukup termotivasi.”

gambar-gambar

cerita terkait

Kisah-kisah Amerika terbaru

Kristen Rogers dan Ashley Strickland

Lebih banyak cerita yang mungkin menarik bagi Anda