BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tempo-Team memperkenalkan program untuk perawat asing

Tempo-Team memperkenalkan program untuk perawat asing

Karena kekurangan di seluruh Eropa, Tempo-Team melirik negara-negara di luar Eropa untuk proyeknya. Indonesia adalah salah satu negara tersebut. Setiap tahun, 50.000 perawat lulus di sana. Ada begitu banyak potensi di sini; Banyak perawat tidak mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Tempo-Team kini meluncurkan program live-learn-work di Belanda bagi para perawat lulusan universitas ini.

Pendapatan Sosial

Salah satu alasan utama Tempo-Team memulai proyek ini – selain mengurangi defisit – adalah besarnya pendapatan sosial. Program ini memberikan solusi untuk kekurangan tenaga kerja dalam perawatan kesehatan di Belanda, sementara perawat menerima diploma HBO-V yang valid secara global. Setelah lima tahun (atau lebih) mereka akan kembali ke Indonesia dengan membawa ilmu yang telah mereka peroleh dan mereka akan dapat meningkatkan kesehatan di Indonesia. Dengan uang yang diperoleh para perawat di sini, mereka juga dapat menghidupi keluarga mereka secara finansial sehingga saudara-saudara mereka juga dapat belajar.

Mulai program

Setelah penyaringan dan evaluasi ekstensif, menjadi jelas apakah perawat dapat berpartisipasi dalam program tersebut. Mereka memulai ini di Indonesia. Di sini mereka mengambil pelajaran bahasa Belanda selama enam bulan dan belajar tentang budaya Belanda dan sistem kesehatan kita. Setengah tahun kemudian mereka lulus tingkat B1 dalam bahasa Belanda.

hidup

Bersama dengan klien, Tempo-Team mencari hunian yang bagus untuk mahasiswa. Institusi pemeliharaan seringkali memiliki real estat atau fasilitas sendiri di dalam institusi atau memiliki akses ke kampus tempat tinggal siswa. Jika tidak, Tempo-Team akan mengatur akomodasi.

untuk mempelajari

Siswa mengikuti kursus Sarjana Keperawatan selama empat tahun di Avans+. Seorang guru Avans+ selalu memberikan pelajaran di lokasi institusi kesehatan atau di wilayah tempat siswa tinggal dan bekerja. Itu sebabnya Tempo-Group menempatkan kelompok minimal 20 mahasiswa per wilayah. Selain kursus mereka, siswa menyelesaikan magang 16 jam sebagai Keperawatan HBO io.

READ  Pangeran Edward tiba di Selandia Baru

bekerja

Selain pelatihan, siswa dapat bekerja maksimal 16 jam kerja ekstra per minggu. Inilah yang dilakukan oleh Nurture IG. Secara total, mereka dapat digunakan selama 32 jam. Kami tahu dari pengalaman bahwa butuh waktu bagi mereka untuk bekerja sepenuhnya secara mandiri. Misalnya, siswa harus terlebih dahulu berlatih menggunakan gendongan dan memakai stoking pendukung. Tindakan ini tidak dikenal di Indonesia. Pelayanan kesehatan di Belanda sangat berbeda dengan di Indonesia. Itu sebabnya periode pelatihan yang baik sangat penting. Organisasi perawatan kesehatan kemudian akan menuai keuntungan.

Lulus

Setelah siswa lulus, mereka memiliki pilihan untuk memilih apa yang disebut ‘tahun orientasi kelima’ untuk pendidikan tinggi. Selama tahun itu mereka dapat bekerja penuh waktu sebagai perawat HBO di organisasi perawatan kesehatan. Setelah tahun ini mereka akan kembali ke Indonesia dengan ilmu yang telah mereka peroleh atau memutuskan apakah mereka ingin tinggal di Belanda.

Tantangan dan peluang

Tempo-Team kini sangat menyadari tantangan merekrut perawat asing. Direktur Medis Tempo-Team Wilco de Vries menjelaskan: “Mahasiswa perlu membiasakan diri dengan cara belajar dan bekerja di Belanda. Oleh karena itu pengawasan dan dukungan siswa di lapangan sangat penting. Kami menemukan bahwa pengawasan merupakan tantangan bagi banyak organisasi layanan kesehatan, terutama di tahun kedua penelitian HBO. Tim Tempo sedang menyelidiki apakah dukungan ini dapat diberikan dalam waktu singkat kepada organisasi pemeliharaan yang tidak memiliki dukungan lokal.

Program tersebut berhasil hingga saat ini. Saat ini, 240 mahasiswa dipekerjakan oleh Tempo-Team dan mitranya di Belanda, yang tersisa hanya satu orang. Sementara pelajar dan penyedia layanan kesehatan mungkin perlu membiasakan diri, harapan tetap ada. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang perekrutan perawat asing, silakan hubungi [email protected].

READ  Kedua pilot Batik Air tersebut tertidur selama penerbangan di Indonesia