BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Terduga pembunuhan wartawan IKON ditangkap di El Salvador setelah 40 tahun

AP

NOS. Berita

Di El Salvador, tersangka pertama kali ditangkap atas pembunuhan empat wartawan IKON Belanda pada tahun 1982. Program tv zimbel Mantan Menteri Pertahanan Guillermo Garcia dan Kolonel Francisco Antonio Moran, mantan direktur pasukan polisi khusus.

Mantan menteri itu tinggal di Amerika Serikat hingga awal 2016. Dia diusir dari negara itu karena keterlibatannya dalam pelanggaran hak asasi manusia di El Salvador. Kedua tersangka akan muncul di hadapan hakim di kota Chalatenango pada hari Senin.

Kerabat optimis

Bagi Geert Kuiper, saudara laki-laki Jan Kuiper yang terbunuh, berita tentang penangkapan itu merupakan kejutan besar. “Ini benar-benar berita bagus, dan saya berharap mereka dibawa ke pengadilan. Penangkapan ini memberi saya harapan bahwa impunitas dapat dihapuskan,” katanya kepada NOS.

Kuiper senang bahwa El Salvador meminta ekstradisi Kolonel Reyes Mina, komandan unit yang menembaki Belanda. Dia pergi ke Amerika Serikat dua tahun setelah pembunuhan dan masih tinggal di sana. “Orang Amerika sekarang tidak bisa membiarkan dia menjalani hidupnya di Virginia tanpa gangguan,” kata Kaiper.

Adik dari Hans ter Lagge yang terbunuh juga diterima. “Akhirnya keadilan”, Tweet Sonia Terre Lag. Kerabat terdekat menerima kabar penangkapan itu dari pengacara mereka.

dua studi

Dua penyelidikan atas pembunuhan IKON masih berlangsung: penyelidikan kriminal Belanda sejak 2013 dan kasus dibuka kembali di El Salvador tahun lalu. Para peneliti dari kedua negara saling berbagi informasi, kata juru bicara kantor kejaksaan nasional. Dia menegaskan bahwa delegasi Belanda sedang dalam perjalanan ke El Salvador.

Interkerkelijke Omroep Nederland (IKON) adalah sebuah lembaga penyiaran publik Belanda yang menyelenggarakan program atas nama tujuh denominasi. Penyiar ditutup pada 2016 setelah pemotongan anggaran. Beberapa judul program telah direbut oleh EO.