BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tiga warga Jerman ditangkap atas tuduhan menjadi mata-mata untuk Tiongkok

Tiga warga Jerman ditangkap atas tuduhan menjadi mata-mata untuk Tiongkok

Fregat Angkatan Laut Jerman Mecklenburg-Vorpommern di Wilhelmshaven (Januari 2023)

Berita Noos

Pihak berwenang Jerman menangkap tiga orang karena dicurigai menjadi mata-mata intelijen Tiongkok.

Ini tentang dua pria dan seorang wanita. Ketiganya berasal dari Jerman. Mereka ditangkap di Düsseldorf dan di Bad Homburg dekat Frankfurt. Penuntut Umum Dia berkata Rumah dan kantor mereka digeledah.

Tersangka utamanya adalah Thomas R., yang dikatakan telah direkrut oleh mata-mata Tiongkok sekitar sebelum Juni 2022. R. kemudian dikatakan telah direkrut oleh mata-mata Tiongkok sekitar sebelum Juni 2022. Ia meyakinkan pasangan Herwig dan Ina F. Menggunakan perusahaan mereka di Düsseldorf sebagai kedok.

Laser khusus

Berkat perusahaan mereka, pasangan ini dapat menjalin kontak dengan lembaga penelitian Jerman. Misalnya, mereka dikatakan telah melakukan penelitian dengan sebuah universitas mengenai bagian-bagian mesin yang penting untuk menggerakkan mesin kapal yang bertenaga, termasuk kapal angkatan laut.

Ketiganya juga disebut membeli perangkat laser khusus dengan uang Tiongkok dan mengekspornya ke Tiongkok, tanpa memperoleh izin yang diperlukan.

Berita penangkapan tersebut muncul beberapa hari setelah penangkapan dua warga Jerman-Rusia yang diduga menjadi mata-mata Rusia.

READ  Pemberontak menempati lebih banyak wilayah di Tigray, menyebut gencatan senjata sebagai 'lelucon yang menyakitkan'