BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tiket pesawat dapat menelan biaya ratusan euro lebih banyak jika kerusakan lingkungan disertakan

Tiket pesawat dapat menelan biaya ratusan euro lebih banyak jika kerusakan lingkungan disertakan

Berapa sebenarnya biaya perjalanan udara? Bepergian ke Indonesia, kecuali tarifnya yang menarik, dapat dilakukan dengan biaya sekitar 940 euro. Tetapi jika biaya polusi udara dari perjalanan tersebut dimasukkan, serta biaya kerusakan iklim, maka tiket pulang pergi akan lebih dari €720.

Itu hanya satu contoh dari penelitian yang dilakukan oleh True Price atas nama platform perjalanan Better Places. True Price telah mencari harga “nyata” untuk produk dan layanan selama lebih dari sepuluh tahun. Artinya: harga pasar ditambah biaya dampak negatif yang tidak termasuk dalam harga ini dan dengan demikian dibayar oleh masyarakat secara keseluruhan. Selain biaya iklim dan lingkungan, ini juga menyangkut, misalnya konsekuensi dari kondisi kerja yang buruk.

True Price telah melakukan penelitian tentang jeans, bunga, cat, dan banyak lagi, dan sekarang dalam bidang penerbangan. Tidak diragukan lagi bahwa terbang menyebabkan kerusakan. Pendiri Better Places Saskia Griep ingin tahu bagaimana biayanya akan diterjemahkan ke dalam harga tiket. “Bukan untuk membuat semuanya lebih mahal,” katanya, tetapi untuk memastikan bahwa produk dan layanan tidak terlalu berbahaya. Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda perlu mengetahui biaya tersembunyi.

150 euro per ton karbon dioksida

Dalam penelitian ini, harga sebenarnya itu sendiri terbatas pada polusi iklim dan udara. Kerusakan iklim dihitung dengan memeriksa jumlah minyak tanah yang dibutuhkan untuk perjalanan tersebut. Kemudian sejumlah €150 dibebankan untuk setiap ton karbon dioksida yang dilepaskan selama produksi dan pembakaran, jumlah standar yang biasa digunakan dalam penelitian semacam itu. Polusi dengan sulfur dioksida, nitrogen oksida, dan partikel, antara lain, diubah menjadi euro menggunakan metode serupa.

Jumlah “wajar” yang dihitung dengan cara ini jauh lebih tinggi daripada harga tiket saat ini. Di Eropa, minimal €70 akan ditambahkan, misalnya perjalanan naik turun ke Barcelona, ​​​​akan dikenakan biaya tambahan €150. Untuk tujuan jarak jauh, ini melibatkan ratusan euro. Biaya kembali ke Suriname adalah 480 Euro, dan biaya kembali ke Bangkok naik turun adalah 580 Euro. Hampir 80 persen dari biaya tambahan berasal dari kerusakan iklim, dan sisanya terkait dengan polusi udara.

Penerbangan sudah menghadapi kenaikan harga, tetapi tidak terlalu serius. Di Belanda, pajak maskapai telah meningkat dari 7,95 menjadi 26,43 euro per tiket. Di atas itu adalah jumlah yang akan dibayar oleh maskapai penerbangan di Eropa untuk hak mereka untuk mengeluarkan karbon dioksida. Hingga saat ini, tunjangan terbang sebagian besar gratis, tetapi Uni Eropa mengakhirinya. Tiket pulang pergi ke Barcelona akan menelan biaya €47, ABN Amro menghitung minggu lalu – tambahan €150 dari harga sebenarnya.

Sesuatu yang Anda ketahui dengan akal sehat

Misalnya, angka True Price tidak memasukkan kerusakan kesehatan akibat kebisingan yang mengganggu atau hilangnya keanekaragaman hayati. “Ini adalah langkah selanjutnya,” kata Michael Schulte dari True Price. Berapa kenaikan harga sebenarnya? Itu tebakan, katanya, tapi berdasarkan studi sebelumnya, dia berani membuat prediksi: sekali lagi, jauh lebih tinggi.

“Akun semacam ini selalu memicu diskusi,” kata Paul Peters, Dosen Pariwisata Berkelanjutan di Universitas Breda.”Ada penjelasan di balik setiap gambar.” Tapi penelitian Tru Price “disatukan dengan sangat baik,” katanya: “Hasilnya seharusnya membuat maskapai penerbangan berpikir tentang kebijakan perusahaan: Bagaimana mereka bisa memperbaiki kerusakan ini?”

Klien Better Places ingin menggunakan survei terutama untuk “kesadaran”, serta di kalangan konsumen. Mudah-mudahan, para pelancong akan membuat pilihan yang berbeda ketika mereka melihat akibat dari perjalanan mereka, kata Saskia Grebe. “Misalnya dengan pergi ke Spanyol dengan kereta api karena harga riil tiket kereta api jauh lebih rendah daripada harga riil tiket pesawat.”

Baca juga:

Pariwisata bisa terus berkembang, asalkan perjalanannya tidak terlalu jauh mulai sekarang

Pariwisata juga harus menjadi netral emisi. Ini dimungkinkan jika lalu lintas udara ke tujuan terpencil dibatasi.

READ  Di tabung dengan ... Bert Wohlbragt