BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Api Pertanyaan: Pertanyaan Sulit untuk Jeroen van der Veer

Api Pertanyaan: Pertanyaan Sulit untuk Jeroen van der Veer

dari majalah

Delapan pertanyaan provokatif kepada Jeroen van der Veer. Dia bekerja di Royal Dutch Shell selama 42 tahun, termasuk lima tahun sebagai CEO. Bukunya tentang kepemimpinan terbit musim semi ini, Dari A sampai Z. Van der Veer juga merupakan anggota kehormatan dari perkumpulan teknik KIVI.


Apa hal terakhir yang Anda perbaiki?


“Kemarin saya menyetel rem belakang sepeda saya. Itu dimulai di sisi yang salah. Kemudian, selain rem, persneling juga berhenti bekerja. Tapi kemudian berhasil. Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk pergi ke bengkel sepeda untuk sesuatu begitu kecil.


Untuk masalah apa mereka akhirnya harus menemukan sesuatu yang pintar?


Banyak rumah sekarang menghasilkan listrik menggunakan panel surya mereka sendiri. Mengapa belum ada baterai besar yang terjangkau untuk rumah yang dapat disimpan semua orang untuk digunakan di malam hari? Kemudian kita menjadi lebih mandiri dari jaringan.


Pengembangan senjata tak berawak atau berbasis AI bergerak cepat dan bisa sangat mengganggu


Bagaimana menurut Anda: Saya berharap saya telah menemukan itu?


Cara kerja sepeda selalu membuat saya terpesona. Itu bertumpu pada tidak lebih dari dua roda, tetapi tidak jatuh. Bagaimana itu mungkin, dan yang terpenting, siapa yang mengira kita dapat menggunakan prinsip ini untuk bergerak secara efisien?


Apa perkembangan teknologi yang membuat Anda khawatir?


Menyebarkan senjata bertenaga AI atau tak berawak berskala besar. Perkembangan ini sangat cepat dan bisa sangat merusak. Jika Anda berpikir sejauh ini terbukti tidak mungkin untuk mengembangkan mobil self-driving yang tidak membahayakan, maka jelas kita seharusnya tidak benar-benar ingin pergi ke arah itu.

READ  Fabian Franciscos: "Saya melihat pemain kabaret dan saya berpikir: saya juga bisa melakukannya"


Saya tidak tahu bot yang bisa memilih CEO terbaik dari tiga kandidat


Apakah Anda takut robot mengambil alih pekerjaan Anda?


Saya tidak tahu ada bot yang bisa memilih CEO terbaik dari tiga kandidat. Namun bukan berarti kecerdasan buatan tidak bisa berperan, justru sebaliknya. Kecerdasan buatan tentu dapat membantu meningkatkan penyediaan informasi, produktivitas, dan kualitas keputusan. Tapi ambil pekerjaanku? TIDAK.’


Apakah tanggulnya cukup tinggi?


Untuk saat ini, saya hidup damai di bawah permukaan laut. Tapi saya tidak berpikir kita harus duduk di tangan kita. Di Indonesia, orang memilih untuk memindahkan ibu kota. apa yang harus kita lakukan? Aku tidak tahu. Satu-satunya keuntungan dari kenaikan permukaan laut adalah kita tidak terkejut.


Jalan sosial apa yang tidak ingin Anda lewatkan?


Ada apa! Ketika saya menelepon negara dari luar negeri 20 tahun yang lalu, saya tidak mengatakan “halo” sebelum satu dolar ditambahkan. Sekarang kita dapat melakukan panggilan gratis dari belahan dunia manapun selama yang kita mau. Salah satu putra saya tinggal di luar negeri. Selama panggilan video, dia menunjukkan kepada saya rumah barunya. Luar biasa, bukan?


dilema: saya dulu atau perusahaan terlebih dahulu?


Dalam buku saya, saya membedakan antara dua pola pikir ini. Saya percaya pada kepemimpinan yang melayani. Jika Anda melayani bisnis Anda, itu akan menguntungkan Anda juga – bukan sebaliknya. Idealnya, sebuah perusahaan akan memiliki campuran dari kedua jenis tersebut, tetapi merupakan ide yang bagus bagi sebagian besar karyawan untuk mengutamakan kepentingan terbaik perusahaan. Setiap perusahaan akan menghadapi kemunduran dan kemudian mereka yang hanya memikirkan diri mereka sendiri tidak akan berbuat banyak kebaikan.

READ  Pengakuan Jawa - Dagblad Suriname



dari A ke B Pelajaran mengemudi
Jeroen van der Veer | 248 hal. | 25,99 euro | E-booknya adalah 15,99 euro


Gambar di atas: menyetorkan; Potret: Penerbit Prometheus

Jika Anda menemukan artikel ini menarik, daftar untuk buletin mingguan gratis kami.