BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tingkat inflasi Indonesia turun ke level terendah dalam 14 bulan di bulan Juni

Tingkat inflasi Indonesia turun ke level terendah dalam 14 bulan di bulan Juni

Tingkat inflasi tahunan Indonesia turun menjadi 3,52% pada bulan Juni, bergerak dalam kisaran target bank sentral untuk bulan kedua berturut-turut, data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan pada hari Senin.

Inflasi turun ke level terendah sejak April 2022, jatuh di bawah 3,64% yang diharapkan dalam jajak pendapat Reuters dan di bawah 4,00% pada Mei.

Inflasi di ekonomi terbesar di Asia Tenggara telah turun secara bertahap sejak mencapai puncaknya pada 6% pada September tahun lalu, ketika Bank Investasi Internasional menaikkan suku bunga dengan total 225 basis poin antara Agustus dan Januari untuk menjaga harga tetap terkendali.

Suku bunga utama mencapai ujung atas kisaran target Bank Indonesia (BI) 2% hingga 4% lebih awal dari yang diharapkan pada bulan Mei dan memicu spekulasi bahwa BI akan segera mulai menurunkan suku bunga kebijakan.

Pudji Ismartini, Deputi Kepala Badan Pusat Statistik, dalam konferensi pers mengatakan harga transportasi, harga pangan, dan sewa naik pada Juni. Sementara itu, harga telekomunikasi dan beberapa jasa keuangan turun.

Inflasi inti, tidak termasuk harga pangan yang dikendalikan oleh pemerintah yang bergejolak, turun dari 2,66% di bulan sebelumnya menjadi 2,58% di bulan Juni. Jajak pendapat tersebut memperkirakan tingkat inflasi inti sebesar 2,64%.

kata Fakhr Fulvian, Ekonom Trimegah Securities, yang memperkirakan bank sentral akan mulai melakukan pelonggaran pada Agustus atau September.

Bank Investasi Internasional mempertahankan suku bunga utama tidak berubah untuk kelima kalinya berturut-turut pada pertemuan kebijakan bulan Juni dan mengatakan akan fokus pada menjaga stabilitas nilai tukar rupee di tengah ketidakpastian global.

Fakhrul menambahkan BI memiliki ruang untuk suku bunga 50 basis poin tahun ini.

READ  Serikat pekerja di Indonesia mengungkapkan keprihatinan tentang pekerja kelapa sawit

Sementara itu, Radhika Rao dari DBS mengharapkan penurunan suku bunga di akhir kuartal ketiga.