BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tn.  Pasteur: Lampiran dan perubahan berjalan seiring

Tn. Pasteur: Lampiran dan perubahan berjalan seiring

Kredit foto: EO/Tomtit Film

Schimmert dan Kernhout adalah dua desa dataran tinggi di selatan Limburg, di mana Pastor Jan van Oose telah menjadi kompas harapan dan penghiburan bagi parokinya selama hampir lima puluh tahun. Dia akhirnya pensiun, dan dia diam-diam siap, dia mengaku kepada fisioterapis mudanya. Stephen Musanai dan Charles Leta adalah dua orang berusia tiga puluh tahun dari pulau tropis Flores, Indonesia.

Sutradara kelahiran Schimmert Gabriel Provas ingin filmnya menyinari sisi berbeda dari gereja, yang telah mendapat sorotan buruk dalam beberapa tahun terakhir oleh skandal pelecehan. Tujuannya adalah untuk ‘menerangi kebaikan manusia’. Provas telah sukses besar dalam hal ini.

Dalam waktu kurang dari satu jam, dia tahu cara melukis gambar waktu bergerak yang jarang terlihat di media. Polarisasi di masyarakat paling ringkas diungkapkan dengan spanduk bertuliskan ‘Kebanggaan Petani’ di atas kendaraan hias saat pawai festival di desa. Juga, tidak semua orang di desa itu tampaknya bermasalah dengan pergantian penjaga. Kedua juru mudi baru yang masih muda dimaafkan karena belum menguasai bahasa Limburg.

Terima buletin kami? Serial dan film terbaru di kotak masuk Anda setiap hari Jumat! Mendaftar Di Sini Pada hari itu.

Sulit untuk tidak jatuh cinta dengan film dan protagonisnya, Pendeta John. Kejujuran, humor, dan kemanusiaan duta besar Gereja Katolik ini sungguh mengharukan. Dia mencoba untuk menghibur atau mencari koneksi dalam segala hal yang dia lakukan dan katakan. Dalam percakapan dia sering tampil sebagai psikolog yang tidak terlatih yang selalu menawarkan nasehat atau saran yang masuk akal. Fisioterapisnya tidak lagi percaya diri, meski dia selalu senang berbicara dengan John. ‘Sebenarnya, Anda bahkan bisa menyebutnya sebagai orang beriman,’ pungkas pengkhotbah yang membumi itu.

READ  'Proyek impian' resor Trump di Indonesia dikatakan akan berjalan tanpa dia

Setiap adegan dalam film ini patut diperhatikan, seperti percakapan kedua ahli waris dengan anak berusia delapan puluh tahun, ketika dia menjelaskan bahwa beberapa penduduk desa hanya berbicara bahasa Limburg yang datar. “Kami memiliki bahasa nasional, tetapi kami tidak selalu memahami satu sama lain”, Stephen menyimpulkan dengan tepat. Film dokumenter ini sangat mendesak pada saat politisi tidak tahu bagaimana menjembatani kesenjangan antara Randstad dan seluruh Belanda. Apakah benar-benar sulit untuk mendengarkan satu sama lain? Mengapa itu mungkin terjadi di Schimmert dan tidak di Politics The Hague?

Pak Pasteur Kamis, 30 Maret 2023 pukul 22.15 di NPO 2