BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tornado di Indonesia dan Timor Leste telah menewaskan hampir 100 orang

Topan Seroga telah menewaskan hampir 100 orang di Indonesia dan Timor Leste. Apalagi puluhan orang hilang. Negara-negara Asia Tenggara telah menghadapi banjir dan tanah longsor sejak Minggu akibat hujan deras.

Ribuan orang dievakuasi. Korban sedang digeledah di kedua negara, tetapi pencarian ini diperumit oleh cuaca buruk dan jalan yang tidak bisa dilalui. Pemerintah setempat khawatir jumlah korban tewas akan meningkat.

Kehancuran di tenggara Indonesia telah merenggut nyawa sedikitnya 70 orang. Di Pulau Flores, warga mengalami tanah longsor di rumah, jembatan, dan jalan raya. Tim penyelamat mengeluarkan beberapa mayat dari lumpur.

Limpata

Di pulau terdekat Lembata, sebagian desa pegunungan hanyut ke laut, di mana para korban ditemukan. Presiden Indonesia Joko Widodo menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban bencana alam.

Di negara tetangga kecil Timor Leste, setidaknya 27 orang tewas akibat banjir, tanah longsor dan pohon tumbang. Sebagian besar kematian terjadi di ibu kota, Dili.

Badai Seroja bisa semakin kuat hingga Selasa saat bergerak menuju pantai barat Australia. Ahli meteorologi memperkirakan sebagian wilayah Indonesia juga akan mengalami hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi pada pekan depan.

Anda dapat mengikuti topik ini

READ  Apakah utang yang tinggi memaksa kita untuk pertumbuhan ekonomi yang tidak berkelanjutan?