BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

AEX dari level puncak 9% lebih rendah

Dengarkan versi audio dari artikel ini di bawah ini


Aksi jual di pasar saham belum berakhir dan suasana negatif di pasar cryptocurrency juga.

Di Bursa Efek Amsterdam, indeks AEX kehilangan 1,8 persen pada 750,02 poin sekitar tengah hari. Ini menyatakan AEX Sekarang kurang dari 9 persen, dibandingkan dengan tingkat puncak pada pertengahan November tahun lalu.

Indeks MidKap turun sekitar 3 persen menjadi 1.022,33 poin. Bursa Frankfurt, London dan Paris turun menjadi 1,9 persen.

Di zona euro, pertumbuhan ekonomi turun ke level terendah dalam hampir satu tahun di bulan Januari. Sektor jasa khususnya telah berjuang dengan langkah-langkah Corona. Kekhawatiran suku bunga terus mendominasi pasar.

Ekspektasi kenaikan suku bunga tahun ini akan berdampak negatif pada saham, karena investasi pendapatan tetap yang kurang berisiko akan kembali menjadi relatif lebih menarik.

Baca juga: Akankah pasar saham mendapat dukungan dari bank sentral AS lagi… atau akankah bearish ditinggalkan?

Perusahaan Arcelor, Adyen, dan ASML terpukul keras

Grup baja ArcelorMittal dan perusahaan teknologi keuangan Adyen adalah pecundang terbesar, dengan kekurangan lebih dari 6 persen. Dan perusahaan chip ASMI dan ASML kehilangan lebih dari 5 persen.

Unilever dan Accell berhasil lolos dari aksi jual besar-besaran di Damrak merah tua pada hari Senin.

Unilever naik hampir 6 persen. The Wall Street Journal melaporkan bahwa Trian Fund milik investor aktivis Nelson Peltz telah mengakuisisi saham di Unilever. Menurut analis di Jefferies, Peltz akan mendorong segmentasi kelompok makan. Penyedia pensiun APG juga mengatakan sedang menunggu peningkatan pertumbuhan di Unilever.

Nilai Accell telah menjadi hampir seperempat. Perusahaan induk Batavos dan Sparta telah mencapai kesepakatan dengan konsorsium yang dipimpin investor KKR atas tawaran pengambilalihan sekitar 1,6 miliar euro.

READ  Bank Dunia pesimistis tentang pemulihan Asia Timur karena variabel delta - Wel.nl

Philips turun lebih dari 4 persen. Perusahaan teknologi perawatan kesehatan, yang baru-baru ini mengeluarkan peringatan keuntungan dan pendapatan, sedang berjuang dengan penarikan mahal perangkat sleep apnea yang telah mendapat manfaat besar dari keuntungannya.

Resesi Pasar Crypto: Bitcoin Di Bawah $34,000

Mata uang utama juga diperdagangkan lebih rendah di pasar cryptocurrency pada hari Senin. Prospek suku bunga yang lebih tinggi, terutama di AS, menyebabkan tekanan harga yang sama untuk saham.

Investasi Cryptocurrency relatif berisiko dan menjadi kurang menarik dengan suku bunga yang lebih tinggi dan pengembalian yang lebih baik pada investasi pendapatan tetap yang kurang berisiko.

Dari Bitcoin Itu jatuh di bawah $ 34.000 pada hari Senin dan peringkat kedua di pasar, eterItu diperdagangkan di lebih dari $ 2.200. Dalam tujuh hari, bitcoin telah kehilangan lebih dari 20% nilainya dan untuk eter, telah melewati 30%.

Apa yang disebut altcoin lainnya juga diperdagangkan secara signifikan lebih sedikit. itu Sol platform crypto Solana menyerahkan setidaknya 41 persen dari nilainya dalam tujuh hari, sementara Titik Dari platform Polkadot turun 38 persen.

Euro mencapai $1,1316 pada hari Senin, versus $1,1342 pada hari Jumat.

Harga satu barel minyak AS turun 0,4% menjadi $84,77. Minyak mentah Brent turun 0,3 persen menjadi $87,59 per barel.

Baca juga: Dalam tujuh tahun ke depan, Anda hanya bisa mengharapkan pengembalian positif dari dua investasi ini, menurut pendidik saham Jeremy Grantham