BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Trump ingin memblokir rilis “Dokumen Capitol” melalui hakim

Donald Trump pergi ke pengadilan atas penyelidikan parlemen atas penyerbuan 6 Januari di Capitol. Presiden saat itu ingin mencegah rilis dokumen Gedung Putih tentang badai itu, seperti percakapan rahasia dengan staf.

Menurut Trump, percakapan seperti itu termasuk dalam Waralaba Eksekutif, hak bagi setiap presiden untuk berkonsultasi secara bebas dengan para penasihat, tanpa takut bahwa percakapan rahasia itu pada akhirnya akan mengemuka di Kongres atau pengadilan.

‘perjalanan memancing’

Presiden Biden sebelumnya mengatakan bahwa dia tidak ingin hak itu dihormati dalam kasus ini, karena dia mengatakan penyerbuan Capitol adalah peristiwa yang luar biasa. Jadi, Biden sudah mengizinkan Arsip Nasional, tempat penyimpanan dokumen pemerintah, untuk merilis dokumen yang diminta panitia investigasi. Itu akan terjadi bulan depan.

Tetapi Trump percaya bahwa penyelidikan kongres meminta terlalu banyak dokumen, tidak semuanya terkait dengan Capitol Storm. Dia mengatakan dalam dakwaan bahwa penyelidikan itu ilegal dan sangat teliti dan berbicara tentang “perjalanan memancing‘, istilah yang digunakan saat meminta dokumen sebanyak mungkin tanpa menjelaskan dengan jelas apa yang sedang dicari.

Misalnya, komisi meminta semua dokumen tertanggal 6 Januari yang berhubungan dengan pernyataan Trump atau pihak lain. Mantan presiden itu berharap bisa menghentikan pelepasan dokumen atas perintah pengadilan.

pengepungan

Ini bukan pertama kalinya Trump mencoba memblokir penyelidikan kongres. Sebelumnya, hubungi mantan karyawan yang dipanggil Sudah jadi tutup mulut, lagi karena Waralaba Eksekutif.

Salah satu karyawan itu, mantan penasihat Trump Steve Bannon, datang pada hari Kamis Tidak muncul sama sekali dalam komite investigasi. Dia juga percaya bahwa percakapan antara dia dan Trump adalah rahasia dan bahwa komite kongres tidak dapat memaksanya untuk mengungkapkan isinya.

READ  Belanda adalah salah satu negara Uni Eropa terbesar yang bertanggung jawab atas deforestasi sekarang juga

Komite mengatakan hari ini bahwa mereka menolak pemikiran itu, tetapi tidak jelas bagaimana kelanjutannya. Bannon telah mengatakan melalui pengacaranya bahwa dia tidak akan bekerja sama dengan komite sampai hakim memutuskan banding Trump ke komite. Waralaba Eksekutif.

bertanggung jawab?

Tujuan Komite Penyelidikan Kongres adalah untuk menentukan sejauh mana Presiden Trump saat itu bertanggung jawab atas penyerbuan Capitol.

Melihat kembali badai itu, pada 6 Januari tahun ini: