BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Trump membawa kudeta ke negaranya

Trump membawa kudeta ke negaranya

Kekerasan yang terjadi pada tanggal 6 Januari 2021 hanyalah bayangan dari pertumpahan darah yang menyertai intervensi yang disponsori AS yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia.

Tanggal 19 Agustus menandai peringatan 70 tahun tergulingnya perdana menteri pertama Iran yang terpilih secara demokratis, Mohammad Mosaddegh. Ini adalah kudeta pertama di era modern yang diatur oleh Amerika Serikat, dan memicu kudeta, pembunuhan, dan “perubahan rezim” selama beberapa dekade.

Meskipun peringatan suram kudeta di Iran hanya mendapat sedikit perhatian di Amerika Serikat, salah satu upaya kudeta menjadi berita utama. Akhirnya, para tersangka dalam kasus mantan Presiden Donald Trump dan 18 rekan konspiratornya yang ikut campur dalam pemilu mulai menyerahkan diri untuk ditangkap.

Dia.Dia proses kriminal Di Fulton County, Georgia, merupakan dakwaan kedua terhadap Trump karena mencoba melakukan kudeta di Amerika Serikat setelah kekalahannya dalam pemilu tahun 2020. Massa yang diserukan Trump yang menyerbu Capitol (kursi Kongres) pada 6 Januari 2021 untuk menghentikan protes damai atas peralihan kekuasaan. Namun, kekerasan yang terjadi pada hari itu hanyalah bayangan dari pertumpahan darah yang menyertai intervensi yang disponsori AS yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia.

Pemerintahan Presiden AS Dwight Eisenhower terlibat langsung dalam kasus ini penggulingan Mossadegh. Namun, saya mendapat bantuan. CIA baru berusia enam tahun pada tahun 1953. Sebaliknya, agen mata-mata Inggris, MI6, telah berdiri selama beberapa dekade, selamat dari dua perang dunia dan melancarkan pemberontakan dan intrik di seluruh dunia ketika Inggris berjuang untuk mempertahankan kerajaan mereka yang semakin melemah.

Pada tahun 1950-an, minyak yang dipompa dari ladang minyak Iran oleh Perusahaan Minyak Anglo-Iran – sebuah perusahaan di bawah kendali Inggris – menjadi sumber kehidupan Kerajaan Inggris. Pada tahun 1951, industri minyak dinasionalisasi oleh parlemen Iran karena bosan dengan penjarahan. Gerakan ini dipimpin oleh Muhammad Mosaddegh. Tidak lama kemudian dia terpilih sebagai perdana menteri. Dia akan tetap menjabat selama lebih dari satu tahun sementara Amerika Serikat dan Inggris menyusun rencana untuk mendapatkan kembali kendali atas minyak Iran.

READ  Alam hari ini | Harapan untuk hiu dan pari

Sejauh mana kolaborasi MI6 dengan CIA dalam deposisi Mosaddeq terungkap pada tahun 2019 ketika film dokumenter yang luar biasa, ‘mobil coupe 53Itu ditampilkan untuk pertama kalinya. Disutradarai oleh Taghi Amirani, seorang fisikawan kelahiran Iran yang menjadi pembuat film, film ini mengungkap kebenaran yang telah lama tersembunyi bahwa kudeta tersebut dipimpin oleh seorang agen MI6 bernama Norman Darbyshire.

“Kita semua dibesarkan dengan cerita bahwa kudeta CIA diatur oleh Kermit Roosevelt [jr.],” Memberi tahu Amirani baru-baru ini tampil di Demokrasi Sekarang!. Dia menggambarkan bagaimana Kermit Roosevelt, Jr. direkrut oleh Direktur CIA Allen Dulles dan saudaranya, Menteri Luar Negeri AS John Foster Dulles, untuk menjadi tokoh kunci CIA selama kudeta Iran. Kermit Roosevelt Jr., cucu Presiden AS Theodore Roosevelt, memberikan beberapa wawancara di mana dia buru-buru menyombongkan diri bahwa dia telah membawa $1 juta ke Iran untuk kudeta, namun hanya menggunakan $60.000 dari dana tersebut.

“Kermit… lebih dari sekedar pencopet dan petualang,” kata Amirani, menggambarkan agen MI6 top Iran, menambahkan bahwa “Darbyshire telah menjadi tentara di Iran sejak dia berusia 19 tahun. Dia mungkin berbicara bahasa Farsi lebih baik daripada saya. Dia tahu orang Iran.” “Dia benar-benar memahami psikologi massa Iran,” katanya dalam wawancara di film kami, “Dia tahu cara bermain dengan mereka, tombol apa yang harus ditekan.”

Penelitian Amirani mengenai kudeta ke-53 telah mengungkap harta karun berupa materi yang terlupakan. Misalnya, dia menemukan transkrip wawancara dengan Darbyshire. Ketika upaya kudeta awal yang dipimpin CIA gagal, sekelompok tentara bayaran yang direkrut dari Darbyshire menyerbu Teheran dan mengepung rumah Mosaddegh, yang diserang dengan bantuan perwira tentara pemberontak. Mossadegh ditangkap.

READ  Belanda dan Indonesia akan bekerja sama untuk mengubah energi Indonesia | item berita

Amerika Serikat dan Inggris melantik boneka Mohammad Reza Pahlavi sebagai Shah Iran. Dia memerintah selama seperempat abad. Dan CIA membantu menciptakan SAVAK, aparat keamanan negara brutal yang meneror dan membunuh warga Iran yang berani bersuara. Pada tahun 1979, Shah digulingkan selama Revolusi Iran. Ini menandai awal dari pemerintahan teokratis yang ketat yang berlanjut hingga hari ini.

Pekerjaan investigasi Amirani membawanya ke “Arsip Keamanan NasionalSebuah LSM yang berbasis di Washington, D.C. sedang mencoba untuk membuat dokumen rahasia pemerintah AS tersedia untuk umum.Sebuah dokumen penting CIA yang diperoleh LSM tersebut pada tahun 2013 menyatakan: “Kudeta militer yang menggulingkan Mossadeq dan pemerintahan Front Nasional dilakukan di bawah arahan CIA.” Sentralisasi sebagai bagian dari kebijakan luar negeri Amerika Serikat, dirancang dan disetujui oleh tingkat tertinggi pemerintahan.”

Dalam adegan mengerikan dari film Coup 53, peti-peti berjejer di dinding ruang baca LSM tersebut. Nama-nama tersebut memuat nama-nama kudeta, percobaan kudeta, dan intervensi militer yang disponsori AS setelah penggulingan Mossadegh: Arbenz (Guatemala, 1954); Lumumba (Kongo, 1961); Trujillo (Republik Dominika, lahir 1961); Diem (Vietnam, 1963); Goulart (Brasil, 1964); Sukarno (Indonesia, 1965); Salvador Allende (lahir di Chili, 1973); serta invasi Grenada tahun 1983; perang di Nikaragua dan El Salvador pada tahun 1980an; upaya berkelanjutan untuk menggulingkan pemerintah Kuba dan Venezuela; invasi dan pendudukan Irak.

Kami berharap konfrontasi terhadap upaya kudeta di dalam negeri, dengan banyaknya tuntutan terhadap Donald Trump dan para terdakwa lainnya, akan mempercepat perhitungan terhadap sejarah kekerasan Amerika dalam merencanakan kudeta di luar negeri. Pada peringatan 70 tahun kudeta di Iran, refleksi diri seperti ini sangatlah mendesak.

READ  Inilah 10 negara terindah di dunia

Artikel terjemahan ini sebelumnya muncul di ‘Mimpi bersama‘.