BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Trump mengajukan banding atas diskualifikasi dari pemilihan pendahuluan Illinois |  di luar

Trump mengajukan banding atas diskualifikasi dari pemilihan pendahuluan Illinois | di luar

Donald Trump, menurut orang Amerika Berita CBS Dia mengajukan banding setelah keputusan hakim. Telah diputuskan bahwa Illinois dapat mengecualikan mantan presiden tersebut dari berpartisipasi dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik di negara bagian AS tersebut.

Trump dikeluarkan dari pemungutan suara pada hari Rabu karena perannya dalam penyerbuan Capitol pada 6 Januari 2021.

Hakim Tracy Porter, yang mengeluarkan keputusan tersebut, menyatakan bahwa Trump melanggar klausul kontra-pemberontakan dalam Amandemen Keempat Belas Konstitusi AS. Oleh karena itu, dia tidak diperbolehkan mengikuti pemilu Illinois pada 19 Maret.

Keputusan yang sama sebelumnya juga dikeluarkan di Maine dan Colorado. Trump juga mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Trump mengajukan banding atas keputusan Colorado ke Mahkamah Agung. Sambil menunggu keputusan pengadilan yang lebih tinggi, Maine telah menangguhkan pemecatan Trump.

Di negara bagian lain, politisi dan hakim juga harus mengambil keputusan mengenai partisipasi Trump dalam pemilu. Mahkamah Agung Michigan memutuskan untuk tidak mengecualikan Trump dari pemungutan suara. Seorang menteri Partai Demokrat di California juga mengumumkan bahwa Trump berpartisipasi dalam pemilu di negara bagian tersebut.

Banyak negara bagian sedang menunggu keputusan Mahkamah Agung AS. Hal ini mungkin akan menentukan sejauh mana Trump dapat berpartisipasi dalam pemilihan presiden tahun ini.

READ  Satu sekolah, 103 tumor otak: misteri medis yang menyebabkan kegemparan di AS | luar negeri