BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

TV baru tahun ini: Lebih besar, lebih kecil, lebih cepat, dan itu penting

Ukuran rata-rata TV baru telah berkembang selama bertahun-tahun. Di mana sepuluh tahun yang lalu 32 inci adalah bentuk terlaris, dalam beberapa tahun terakhir diameter rata-rata telah berkembang menjadi 55 hingga 65 inci – 1,3 hingga 1,6 meter.

Pemimpin pasar Samsung dan LG melihat pameran teknologi CES 2022 Di Las Vegas minggu ini dimana atapnya. seperti dia Samsung mengungkapkan TV mikroLED baru 89,99 inci dan 110 inci LG hadir dengan TV OLED terbesarnya: 97 inci. Ini adalah layar dengan diameter sekitar 2,5 meter.

Microled: Atasnya Mahal

Samsung adalah 110 inci tahun lalu: model baru 89 inci adalah TV microLED baru terkecil yang pernah dirilis Samsung. Microled adalah teknologi yang cukup baru: sangat mirip dengan OLED dan juga memiliki dioda yang secara individual memberikan warna dan cahaya. Dengan demikian, kontras antara OLED dan microLED jauh lebih tinggi daripada TV LCD konvensional, dengan warna hitam tampak seperti abu-abu gelap.

MicroLED juga berjanji untuk tidak terlalu sensitif terhadap aus dan terbakar dibandingkan TV OLED. Namun, teknologinya masih mahal: model 110-inci tahun lalu berharga sekitar KRW 170 juta: sekitar 125.000 euro. Samsung belum mengumumkan harga dan ketersediaan untuk TV microLED tahun ini.

Baru dari Samsung: QD-oled

Selain LED, QLED, dan microLED, Samsung juga memperkenalkan teknologi layar baru: QD-oled. Layar OLED Samsung secara teknis sedikit berbeda dari layar OLED LG, yang selama bertahun-tahun merupakan satu-satunya produsen layar OLED untuk televisi. QD-oled harus memberikan gamut warna yang lebih luas dan iluminasi yang lebih cerah.

LG mengirimkan piksel cahaya putih melalui filter warna untuk membuat subpiksel merah, hijau, dan biru, seringkali dengan subpiksel putih keempat untuk menambah kecerahan. QD-oled Samsung memancarkan cahaya biru melalui titik-titik kuantum, mengubah beberapa warna biru menjadi merah dan hijau, tanpa melalui filter warna. Keuntungan: Lebih sedikit kehilangan cahaya.

READ  Kredensial AWS untuk SEGA Eropa terbuka untuk semua - Komputer - Berita

Samsung QD 65-inci akan memiliki layar di CES 2022 Penghargaan Inovasi Dia menang, tetapi Samsung belum memamerkan TV OLED baru. Belum diketahui kapan Samsung QD OLED TV akan diluncurkan.

Sony telah mengumumkan TV QD-OLED, dan BRAVIA XR A95KSiapa yang menggunakan layar Samsung. Mencolok, karena Sony telah menggunakan layar LG untuk TV OLED-nya selama bertahun-tahun dan terus melakukannya pada semua model baru lainnya.

layar matte

Samsung juga mengungkapkan TV yang ditujukan untuk pelanggan tetap, seperti versi baru The Frame dengan bingkai foto yang dapat diganti, sero Dengan layar berputar dan Serif dengan bezel berdesain mencolok. Ketiga TV sekarang tersedia dengan layar matte, bukan layar glossy ringan. Ini harus memastikan lebih sedikit refleksi dan sidik jari yang kurang terlihat. Frame akan tersedia tahun ini dalam ukuran 32 hingga 85 inci, Serif dari 43 hingga 65 inci dan Cero hanya tersedia dalam 43 inci.

Belum diketahui harga dan ketersediaan TV desain baru Samsung, serta detail mengenai TV QLED baru Samsung kepada masyarakat luas.

TV OLED Terbesar dan Terkecil

LG pada gilirannya memiliki Meluncurkan TV OLED konsumen terbesarnya. Perusahaan memperkenalkan TV OLED baru dalam dua jalur populer: C-Line dengan alas dan G-Line berdinding datar. Model besar 97 inci adalah bagian dari lini G2 baru, yang juga mencakup layar 55, 65, dan 77 inci. TV LG G2 dikirimkan tanpa alas, dengan dudukan dinding khusus yang memungkinkan layar digantung rata di dinding.

Lini LG C2 baru sekarang memiliki TV OLED terkecil hingga saat ini: 42 inci. Selanjutnya, C2 tersedia dalam ukuran 48, 55, 65, 77 dan 83 inci. Belum diketahui apakah format 42 inci yang lebih kecil juga akan datang ke font OLED LG yang lebih murah. Harga dan ketersediaan TV LG baru akan menyusul di kemudian hari.

READ  Merek Teknologi Baru Tidak Ada yang Mengungkapkan Pesaing Murah untuk AirPods Pro

Panasonic en Sony: Oke’s

Panasonic juga mengungkapkan TV OLED baru di CES: seri LZ2000. TV tersedia dalam ukuran 55, 65, dan 77 inci dan membedakan dirinya dengan speaker internal di bawah layar yang Suara Dolby Atmos mendukung. Menurut Panasonic, TV ini memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi daripada jajaran JZ2000 tahun lalu.

Pengaturan gambar sintetis juga telah ditingkatkan: kecerahan dan keseimbangan putih kemudian terus disesuaikan dengan cahaya sekitar. Misalnya, foto harus terlihat lebih alami, kata Panasonic. AI juga secara otomatis menyesuaikan pengaturan gambar dengan apa yang terlihat di gambar. Harga dan ketersediaan akan menyusul kemudian.

Sony meluncurkan Lini Bravia XR baru, termasuk MASTER Series Z9K 8K dan X95K 4K dengan lampu latar LED kecil untuk kontras yang lebih tinggi. 8K Z9K ​​akan tersedia dalam ukuran 75 dan 85 inci, dan 4K X95K dalam ukuran 65, 75, dan 85 inci.

Sony juga memiliki TV OLED baru: A95K yang disebutkan di atas dengan layar QD OLED baru Samsung dalam ukuran 55 dan 65 inci dan A90K dalam ukuran 42 dan 48 inci dengan layar OLED LG. Jadi, Sony juga sedang mengerjakan format “kecil” 42 inci.

Selain itu, Sony hadir dengan jajaran TV OLED 55 dan 65 inci A80K. TV OLED Sony menawarkan Acoustic Surface Audio +, di mana layar TV bergetar sendiri dan digunakan sebagai speaker. Misalnya, suara berasal dari sisi yang sama dengan gambar, yang menurut Sony seharusnya memberikan pengalaman menonton yang lebih realistis.

Khusus untuk PlayStation 5

Semua TV Sony baru menggunakan Cognitive Processor XR baru, prosesor gambar yang menurut Sony menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami cara orang melihat gambar. Menurut Sony, orang selalu fokus pada titik-titik tertentu dalam sebuah gambar, yang disebut titik fokus. Prosesor gambar baru akan meningkatkan gambar di titik bawah sadar tersebut.

READ  Android 12 mendapatkan desain yang sepenuhnya baru dengan lebih fokus pada privasi

Selain itu, TV Bravia XR baru dioptimalkan untuk PlayStation 5. Menurut perusahaan, siapa pun yang menghubungkan konsol game Sony ke TV Sony baru akan secara otomatis mendapatkan pengaturan optimal untuk PS5 dan untuk game tertentu, misalnya, kecepatan bingkai 120 Hz. Harga dan ketersediaan TV Sony baru akan menyusul di kemudian hari.

TCL: 144Hz

Merek Cina TCL akhirnya mengungkapkan TV LED mini pertamanya dengan frame rate 144Hz yang lebih tinggi. Sebagian besar TV baru menawarkan 120Hz, dengan 144Hz TCL ditujukan terutama untuk gamer PC, karena konsol game tidak dapat menjalankan game dengan kecepatan lebih dari 120 frame per detik. TCL akan mengungkapkan detail lain tentang TV baru pada kuartal ini.