BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

TV OLED paling terang – ulasan

TV OLED paling terang – ulasan

Singkatnya

Sony Bravia XR A95L adalah TV Sony kedua dengan layar QD OLED. TV baru ini unggul dalam hal kecerahan, volume warna, dan sudut pandang. Pemrosesan gambar juga sangat bagus dan kami juga puas dengan tampilannya, kualitas pembuatannya, dan reproduksi suaranya. Kerugian utama dari TV ini adalah harganya yang mahal.

Dalam ulasan kali ini kita akan melihat produk andalan baru Sony: Bravia XR A95L, TV kedua dari pabrikan Jepang dengan panel QD OLED. Meskipun Sony mengumumkan TV tersebut pada musim semi tahun 2023, kami harus menunggu lama hingga perangkat tersebut benar-benar mulai dijual. Hal ini terutama karena Sony menggunakan chip yang benar-benar baru untuk pemrosesan gambar.

Sejak tahun 2022, Sony telah meluncurkan TV OLED dengan panel WoLED dari LG Display dan panel QD OLED dari Samsung Display. Yang terakhir ini digunakan dalam seri produk yang lebih mahal. Pada tahun 2022 adalah Bravia XR A95K (ulasan). Jadi penggantinya bernama Sony Bravia XR A95L. Sony telah merombak tampilan TV, menggunakan panel QD OLED generasi kedua, mengubah antarmuka, dan menggunakan chip Pentonic 1000 baru dari MediaTek. Yang tetap sama adalah penetapan harga. Seperti yang kita harapkan dari Sony, ini adalah hal yang besar. Versi yang lebih besar dengan layar 77 inci harganya hanya di bawah €5.700 pada saat penulisan. Untuk versi 65 inci yang kami uji, harga terendah baru-baru ini berkisar antara 3.200 dan 3.900 euro. Model 55 inci yang lebih kecil relatif lebih mahal dengan harga berkisar antara €3.000 dan €3.300.

Fakta bahwa Sony menempatkan TV QD OLED di jajaran teratas, di atas model Woled-nya, karena QD OLED memiliki dua (potensi) keunggulan. Berbeda dengan layar WOLED yang menggunakan subpiksel OLED putih dengan filter warna merah, hijau, dan biru, panel QD OLED terdiri dari subpiksel biru, yang setiap pikselnya terdiri dari tiga subpiksel OLED biru. Salah satu dari tiga OLED tersebut memancarkan cahaya biru tanpa filter; Dua lainnya berisi lapisan titik kuantum yang mengubah cahaya biru menjadi merah dan hijau. Keuntungannya adalah konversi cahaya melalui titik kuantum efisien dan menghasilkan warna primer murni, sedangkan filter warna pada panel Woled sama sekali tidak efisien dan menghilangkan banyak cahaya. Keuntungan kedua adalah layar QD OLED juga lebih terang dibandingkan layar Woled.

READ  Dengan absennya Van der Poel, Alpesen Desoninck mengandalkan dua spesialis bukit di Flesch Walloon

TV OLED QD yang telah kami uji sebelumnya, seperti Sony A95K dari tahun 2022 dan Samsung S95C yang lebih baru, memberikan kualitas gambar yang luar biasa. Sony berjanji untuk mengambil langkah maju dengan A95L baru dan mengisyaratkan bahwa ini bisa menjadi TV OLED paling terang.