BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ulasan 2021: Kisah luar angkasa terpanas tahun ini

2021 adalah tahun yang besar bagi berita luar angkasa.

Dari perlombaan luar angkasa komersial hingga operasi di planet Merah, eksplorasi ruang angkasa telah menjadi sorotan publik.

Berikut adalah beberapa yang menarik:

18 Februari – Penyelidikan Mars NASA mendarat di permukaan Mars

pada 18 FebruariDan Agensi NASA Penjelajah kelima di Mars, Persevere, telah berhasil mendarat di Kawah Jezero di Mars.

“Pendaratan ini adalah salah satu momen penting bagi NASA dan Amerika Serikat dan eksplorasi ruang angkasa global – ketika kita tahu kita berada di puncak penemuan dan mempertajam pensil kita, sehingga untuk berbicara, untuk menulis ulang buku teks,” kata Administrator Steve Gorczyk dalam sebuah pernyataan. “Misi Ketekunan Maret 2020 mewujudkan semangat bangsa kita untuk bertahan bahkan dalam situasi yang paling sulit dan menginspirasi serta mempromosikan sains dan eksplorasi.”

19 April – Helikopter Kreativitas Mars NASA terbang

pada 19 AprilNASA membuat sejarah lagi setelah helikopter Ingenuity Mars menyelesaikan penerbangan bertenaga dan terkontrol pertamanya di planet lain.

Helikopter terbang selama 30 detik pada ketinggian yang direncanakan 10 kaki, dan menghabiskan 39 detik di udara.

Helikopter Ingenuity Mars NASA terlihat di sini dalam jarak dekat yang diambil oleh Mastcam-Z, dua pasang kamera zoom di atas bajak Perseverance. Gambar ini diambil pada tanggal 5 April, hari Mars ke-45 atau hari misi Mars.
(Sumber: NASA/JPL-Caltech/ASU)

NASA SpaceCRAFT BUAT SEJARAH, RESMI ‘SENTUH’ MATAHARI UNTUK PERTAMA KALINYA

“Creative telah melakukan penerbangan pertamanya – penerbangan pertama dari pesawat bertenaga di planet lain!” Dia mendengar suara kontrol penerbangan mengatakan dalam siaran audio NASA.

8 Mei – Rudal pendorong China jatuh ke Bumi

Pada malam tanggal 8 Mei, a Panggung utama penguat Long March 5B China kembali bumi Suasana, terbakar Kepulauan Moldive.

READ  Oregon telah melaporkan 20 kematian lagi terkait dengan COVID-19, satu dari Deschutes County; 1896 kasus baru

Setelah Administrator NASA Bill Nelson dan yang lainnya menuduh Beijing bertindak sembrono, pemerintah China mengatakan bahwa standar tersebut berbeda dari Amerika Serikat dan program luar angkasa lainnya.

“Kami bersedia bekerja sama dengan negara lain, termasuk Amerika Serikat, untuk meningkatkan kerja sama dalam penggunaan luar angkasa, tetapi kami juga menentang standar ganda dalam masalah ini,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying.

Di penghujung bulan, bangsa Pesawat luar angkasa pertama mendarat di Mars di planet ini dan mulai mengembara di permukaannya.

2 Juni – NASA memilih dua misi untuk mempelajari Venus

Pada tanggal 2 Juni NASA mengumumkan Dia telah memilih Dua misi baru ke Venus.

Misi VERITAS (Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography, Spectroscopy) dan misi DAVINCI+ (Venus’s Deep Exploration of Noble Gases, Chemistry, and Imaging) memetakan planet terdekat dengan Bumi dan mengukur atmosfernya.

DAVINCI+ juga akan menentukan apakah sebuah planet memiliki lautan.

Ini diharapkan akan diluncurkan dalam kerangka waktu dari 2028 hingga 2030.

Bagaimana kru Apollo 8 menyampaikan pesan harapan yang luar biasa selama ulang tahun yang penting

11 Juli – Richard Branson mencapai luar angkasa dengan kapal roket Virgin Galactic

Pada 11 Juli, miliarder Richard Branson dan lima krunya diluncurkan ke luar angkasa, akan terbang lebih dari 53 mil di atas Bumi pada misi uji terakhir sebelum penerbangan luar angkasa komersial dimulai pada tahun baru.

Pria berusia 71 tahun itu menjadi orang pertama yang meluncurkan pesawat luar angkasanya sendiri. Mengalahkan pendiri Blue Origin, Jeff Bezos dalam sembilan hari.

15 November – Tes senjata Rusia mengancam Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Pada tanggal 15 November, Tes senjata Rusia Itu menciptakan lebih dari 1.500 keping sampah luar angkasa, mengancam para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

READ  NASA Tidak Akan Mengubah Nama Teleskop Luar Angkasa James Webb Meskipun Ada Kontroversi

Nelson mengatakan kepada The Associated Press pada saat itu bahwa dia “marah” dengan tindakan itu dan “tidak dapat dipercaya bahwa pemerintah Rusia” akan melakukan tes tersebut.

Menteri Luar Negeri Anthony Blinken mengatakan tes itu juga mengancam satelit.

Gambar yang disediakan oleh NASA ini menunjukkan pandangan seorang seniman tentang Parker Solar Probe saat mendekati matahari.

Gambar yang disediakan oleh NASA ini menunjukkan pandangan seorang seniman tentang Parker Solar Probe saat mendekati matahari.
(Steve Gribbin/Johns Hopkins APL/NASA melalui AP)

Pejabat Rusia menepis tuduhan itu Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengatakan serangan itu dilakukan dengan “ketepatan bedah”.

Astronot sekarang menghadapi risiko empat kali lebih besar dari biasanya dari sampah luar angkasa, menurut Nelson.

14 Desember – Pesawat ruang angkasa NASA “menyentuh” ​​matahari untuk pertama kalinya

Pada 14 Desember, pesawat ruang angkasa menyentuh matahari untuk pertama kalinya.

KLIK DI SINI UNTUK APLIKASI BERITA FOX

Parker Solar Probe NASA terbang melalui korona matahari, atau atmosfer bagian atas, dan mengambil sampel partikel dan medan magnet di sana.

Para ilmuwan mengatakan butuh waktu berbulan-bulan untuk memulihkan data dan beberapa bulan lagi untuk mengonfirmasi.

Parker – diluncurkan pada 2018 – berjarak 8 juta mil dari pusat Matahari ketika pertama kali melintasi batas antara atmosfer matahari dan angin matahari yang keluar.

Pesawat ruang angkasa telah masuk dan keluar dari korona setidaknya tiga kali.

Data awal menunjukkan bahwa Parker juga masuk ke dalam korona selama pendekatan 9 Agustus, tetapi para ilmuwan mengatakan diperlukan lebih banyak analisis.

Parker akan terus mendekati Matahari dan menyelam lebih dalam ke korona hingga orbit grand finalnya pada 2025.

Associated Press berkontribusi pada laporan ini.