BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ulasan ASUS ZenBook 14 OLED dengan Intel Core Ultra

Ulasan ASUS ZenBook 14 OLED dengan Intel Core Ultra

Singkatnya

ZenBook 14 OLED adalah laptop pertama dengan prosesor Intel Core Ultra yang kami uji dan kami tidak terkesan dengan kinerja CPU-nya. GPU Arc baru bagus dan mulus. ZenBook juga dilengkapi dengan layar OLED cantik yang terkalibrasi dengan baik, terutama dalam mode sRGB, serta dilengkapi kecepatan refresh 120Hz dan resolusi tinggi. Baterainya besar, dengan daya tahan baterai mencapai lebih dari tiga belas jam saat browsing. Kipas dapat mengeluarkan banyak suara selama memuat. Bodinya terlihat bagus, tapi menurut kami bisa jadi sedikit lebih tahan lama.

ZenBook 14 adalah laptop pertama yang kami uji yang dilengkapi dengan prosesor Intel Meteor Lake yang baru. Intel mengumumkan chip itu pada bulan Desember 2023 dengan banyak kemeriahan. Presentasinya berfokus pada kecerdasan buatan. Pada tahun 2023, kita akan dibombardir dengan kecerdasan buatan dan ini akan berlanjut pada tahun 2024, namun apa manfaat prosesor AI secara konkret? Dalam ulasan kali ini saya akan melihat ASUS ZenBook 14 OLED dan mencari tahu apa yang saya perhatikan tentang AI ini.

Asus ZenBook 14

Sudah lama saya tidak melakukan review lengkap terhadap ASUS ZenBook, namun jarang sekali review tersebut mengganggu, karena ZenBooks merupakan laptop konsumen tercanggih dari ASUS. Anda akan segera menyadarinya saat mengeluarkan ZenBook 14 dari kotaknya. Ini adalah laptop yang tipis dan berdesain ramping dan saat Anda menyalakannya, warna (saturasi berlebih) pada layar OLED menyinari Anda. Ini juga merupakan desain yang terkenal. Laptop ini memiliki casing logam berwarna biru tua. Ringan untuk model 14 inci, 1215g, dan Anda akan melihatnya di casingnya. Itu bisa bergerak sedikit di bawah tekanan, misalnya saat menekan logam di bawah spasi atau di sudut atas touchpad.

Bagian belakang layar, juga terbuat dari logam biru tua, mungkin juga sedikit terkesan, tetapi Anda melihatnya pada banyak laptop. Ada baiknya ASUS menambahkan sejumlah garis halus yang mewakili logo ASUS. Di sisi lain, terdapat bingkai plastik hitam yang mengelilingi layar. Kamera di bagian atas memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel dan berfungsi dengan pengenalan wajah Windows Hello. Kamera menghasilkan gambar yang bagus dan tajam, sedangkan speakernya terdengar kecil, seperti yang Anda harapkan dari laptop. Speaker ini terletak di bagian bawah laptop sehingga suaranya terpantul melalui permukaan tempat Anda meletakkan ZenBook.

READ  TV baru tahun ini: Lebih besar, lebih kecil, lebih cepat, dan itu penting

Papan ketik dan papan sentuh

ASUS tentunya membekali ZenBook 14 dengan keyboard backlit yang bisa diatur ke tiga pengaturan di laptop ini. Kuncinya cukup datar dan dapat dibawa bepergian. Tidak banyak, namun Anda tidak bisa berharap banyak dari laptop setipis ini. Tombol power terintegrasi di kanan atas keyboard dan cukup lucu, tombol ini membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk menekan dibandingkan tombol lainnya. Ini berarti Anda tidak akan mematikan laptop Anda secara tidak sengaja.

Touchpad kaca memiliki dua ikon di sudut atas. Jika Anda menekan dan menahan kalkulator di kanan atas, Anda dapat menggunakan papan sentuh sebagai papan tombol angka. ASUS menyebutnya Numberpad dan tidak berfungsi dengan baik. Anda mungkin akan menggunakan fitur ini beberapa kali untuk bersenang-senang jika Anda baru saja membeli ZenBook, namun karena touchpad tidak memberikan umpan balik, Anda tidak akan pernah bisa menggunakan Numberpad secara membabi buta, seperti numberpad biasa.

Tautan

Meski merupakan laptop tipis, ASUS telah menemukan cukup ruang untuk memuat koneksi USB-A dan koneksi HDMI di ZenBook. Sayangnya, ini berlaku untuk versi “lambat” dari kedua koneksi. Koneksi USB berupa kotak USB 3.2 Gen 1, dengan kecepatan maksimum 5 Gb/s. Dalam spesifikasinya, ASUS secara eksplisit menyebut itu HDMI 2.1 TMDSKoneksi berjalan. Seperti halnya USB, penamaan standar HDMI memungkinkan kecepatan berbeda untuk disertakan dengan nama yang sama. Dalam hal ini, Tmds ingin menunjukkan bahwa kecepatan maksimumnya adalah 18 Gb/s, menjadikannya koneksi HDMI 2.0 yang efisien. Cocok untuk 4k60, tetapi tidak untuk 4k120, seperti koneksi HDMI 2.1 tercepat. Ada juga dua koneksi Thunderbolt 4. Pengisi daya 65W yang disertakan juga memiliki koneksi USB-C, sama seperti port Thunderbolt. Terakhir, terdapat jack koneksi di laptop yang sangat bagus, karena ada masanya ASUS meninggalkan ini di laptop termahalnya.

Kecerdasan buatan Intel, apa gunanya?

ZenBook dibekali prosesor baru Intel dengan kode nama Meteor Lake. Kami sebelumnya menulis artikel latar belakang ekstensif tentang prosesor ini. Prosesor ini penting bagi Intel karena berbagai alasan, misalnya karena merupakan desain modular yang dibuat Intel sebagian melalui proses Intel 4 baru dan sebagian lagi di TSMC. Yang sangat dipedulikan Intel sendiri adalah kehadiran NPU Unit pemrosesan saraf, yang dimaksudkan untuk “perhitungan kecerdasan buatan”. Yang terakhir ini tampaknya agak kabur, dan untuk memperjelasnya sedikit, ada baiknya kita melihat bagaimana Apple melakukannya. Pabrikan ini sudah memasukkan NPU ke dalam prosesor M1 pada tahun 2020.

READ  Apple akan menghadirkan fungsionalitas darurat satelit SOS ke Benelux akhir bulan ini - Tablet & Ponsel - Berita

apel Penggerak saraf Ini digunakan, misalnya, untuk mengenali dan mungkin menerjemahkan teks dalam gambar secara langsung, dan untuk mengenali objek dan orang dalam gambar. Webcam juga dapat mengenali orang tersebut dan kemudian memburamkan latar belakang berkat NPU. NPU juga dapat mengenali orang-orang dalam perangkat lunak pengedit video Final Cut Pro dan, misalnya, melacak dan menyalin gerakan seseorang. Ini membantu Siri mengenali suara Anda dengan lebih baik, dan ada banyak contoh perangkat lunak di mana npu berperan. Jika seperti saya, awalnya Anda mengira perangkat jenis ini hanya digunakan untuk membuat gambar dan teks, seperti ChatGPT, maka Anda salah.

Apa kegunaan spesifik yang Anda miliki saat ini untuk npu di Meteor Lake? Tidak banyak, karena hanya sedikit program yang menggunakan npu. Jika Anda menggunakan Adobe Firefly untuk membuat gambar atau ChatGPT untuk teks, program ini terhubung ke server Adobe atau OpenAI untuk melakukan penghitungan tersebut. Contoh paling jelas dari apa yang dapat dilakukan npu adalah memberikan keburaman latar belakang yang bagus karena dapat mengenali orang dengan baik. Ini bukan fitur yang paling menarik, tapi ini adalah permulaan dan tidak diragukan lagi akan lama sebelum bagian Windows, selain kamera, menggunakan NPU, serta perangkat lunak pihak ketiga yang dapat memanfaatkan kemampuannya. Jadi NPU Meteor Lake bukanlah alasan untuk membeli laptop baru, melainkan semacam preview seperti apa tampilan laptop di masa depan. Selain memiliki CPU dan GPU, NPU juga akan segera normal.