BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ulasan MSI Prestige 14 Evo

menyimpulkan

Prestige 14 A11MO memiliki prosesor Tiger Lake U tercepat, 1195G7, dan memamerkan kekuatannya, berkat pendinginan yang baik dan anggaran TDP yang besar. Layar HD dikalibrasi dengan baik dan laptop ini memiliki kartu jaringan Wi-Fi 6E. Ada beberapa poin untuk perbaikan dalam finishing perumahan. Flashing yang mengarah ke sisi webcam mengganggu dan kami tergoda untuk mendaftar. Touchpad lebar diposisikan sehingga kita secara tidak sengaja mendaftarkan klik mouse. Daya tahan baterai sekitar dua belas jam saat menjelajah. Sayangnya, model khusus ini tidak tersedia di Belanda dan Belgia pada saat penulisan.

Intel punya masalah. Selama bertahun-tahun, perusahaan membangun prosesor laptop tercepat dan tidak perlu khawatir tentang satu-satunya pesaing perusahaan: AMD. Itu perlahan mulai berubah dengan dua generasi pertama prosesor Ryzen untuk laptop, dan dengan generasi Ryzen 4000 itu menjadi masalah nyata bagi Intel. Sejak itu, AMD menjual prosesor laptop dengan empat, enam, dan delapan inti, dengan TDP 15W, sementara Intel tetap dalam 15W dengan maksimum empat inti.

Jadi apa yang Anda lakukan untuk mengungguli pesaing Anda? Jam berjalan cepat, tentu saja! Hasil dari pilihan ini adalah prosesor Core i7-1195G7. Ini adalah Tiger Lake quad-core, yang seharusnya dapat mencapai 4,6GHz saat semua core dimuat dan hingga 5GHz saat single core dimuat. Untuk menguji CPU baru, kami menerima MSI Prestige 14 Evo dari Intel dan dalam ulasan ini kami melihat laptop ini, dengan perhatian khusus pada prosesor.

Sedikit peringatan sebelumnya: Intel telah mengirimkan kepada kami versi yang akan dikirimkan di AS dan berbeda dari model yang dijual di Belanda dan Belgia.

Perumahan, penampilan dan koneksi

Prestige 14 Evo MSI, seperti namanya, adalah laptop 14 inci dan lini Prestige yang ditujukan untuk pengguna bisnis. Kelompok sasaran ini akan menjadi desainer dalam pikiran ketika mereka menggambar garis yang bersih dari kasus ini. Perumahan hampir seluruhnya terbuat dari logam dan hanya penutup B, di sekitar layar terbuat dari plastik. Warna model pengujian kami adalah “abu-abu karbon”, atau abu-abu gelap. Tepi luar layar dan di sekitar touchpad berwarna biru tua mengkilap yang jelas dan ini memberikan aksen yang bagus pada rumah abu-abu.

Meskipun tempat tinggal ini terlihat bagus pada pandangan pertama, finishingnya bisa lebih baik. Di sana-sini, terutama di engsel, Anda melihat jahitan yang terlihat, misalnya, di mana bagian-bagian struktur menyatu satu sama lain. Pesaing melakukannya jauh lebih baik dengan laptop jenis ini seharga satu atau seribu euro. Juga mencolok: jika Anda menutup layar, maka “domain” ini ada di bagian keyboard. Ini, pada gilirannya, berarti Anda dapat menekan bagian belakang layar sedikit, dengan panel menghadap keyboard. Singkatnya, MSI seharusnya lebih memperhatikan pembangunan perumahan.

Jika Anda membuka layar lagi, Anda akan melihat bahwa Prestige 14 memiliki keyboard yang besar. Ini berjalan hampir dari ujung ke ujung dan klik dengan baik, dengan serangan yang jelas. Tidak hanya keyboard, tetapi juga touchpad yang berukuran besar. Itu ditempatkan di tengah struktur, tetapi tidak sejajar dengan bilah spasi. Akibatnya, Anda meletakkan pergelangan tangan Anda di bagian kanan papan saat menulis, dan pergelangan tangan kiri Anda hanya bersandar pada penutup. Touchpad mengenali ini tanpa masalah, dan karena itu Anda tidak akan bermain dengan panah mouse Anda, tetapi Anda tidak boleh menekannya secara tidak sengaja, karena ini mengarah ke klik mouse, yang terkadang terjadi selama peninjauan kami.

READ  Trailer Perang Dunia 3 menunjukkan perubahan pada penembak multipemain - Permainan - Berita

Pemindai sidik jari juga disertakan dalam touchpad. Ini tidak nyaman, karena Anda mengorbankan bagian dari touchpad Anda. Dalam praktiknya, hal itu tidak terlalu mengganggu kami, karena treknya sangat lebar dan kami nyaris tidak mencapai tikungan kiri atas. Jika Anda tidak ingin masuk dengan ujung jari, Anda juga dapat mengaktifkan pengenalan wajah dan masuk dengan cara ini dengan Windows Hello. Kami bukan penggemar kualitas gambar kamera pada 1280 x 720 piksel. Apa yang mengesankan adalah jumlah iritasi yang disebabkan oleh lampu berkedip di sebelah webcam. Ini berkedip untuk menunjukkan bahwa kamera aktif, tetapi kami cenderung menyembunyikan LED, juga karena lampu di perangkat lunak belum padam. Speaker terintegrasi ke bagian bawah casing dan, menurut kami, seharusnya menghasilkan volume yang lebih sedikit.

Pilihan konektivitas ditentukan dalam Prestige 14; Hanya dua port USB-C, atau USB-A (5 Gb/s) yang tersedia. Untungnya, USB-C mendukung koneksi Thunderbolt 4, sehingga Anda juga dapat menggunakannya untuk menyambungkan layar, selama Anda menggunakan dok atau kabel yang sesuai. Ada juga pembaca kartu microSD, di sebelah soket koneksi.

Standar

Tentu saja, laptop ini adalah tentang prosesor. 1195G7 adalah prosesor Intel tercepat di kelas prosesor 15W. Faktanya, kita harus menempatkan “15W” dalam tanda kutip terlalu tebal, karena tidak ada pabrikan yang mencoba mempertahankan prosesor Intel mereka lebih lama dari itu. Sebenarnya ini bukan niatnya. “Kecepatan turbo” prosesor tumbuh dari “beberapa ratus megahertz ekstra dalam kondisi yang tepat” menjadi spesifikasi prosesor yang paling banyak diiklankan. Dengan 1195G7, jam turbo adalah 5GHz, seperti yang disebutkan, yang secara signifikan lebih dari 2,9GHz yang diiklankan Intel sebagai kecepatan jam “normal”.

Kebetulan, 2,9 GHz adalah frekuensi clock yang dapat dipertahankan prosesor di bawah skenario pengujian Intel dengan konsumsi 28 watt; Pada 12 watt itu adalah 1,3 GHz dan Intel tidak memberikan nilai pada 15 watt. Namun, itu mungkin jelas. Anda tidak tahan 5GHz lama dengan konsumsi rendah dan MSI telah mengonfigurasi laptop dengan cara yang memungkinkan CPU untuk mengkonsumsi sebanyak yang Anda inginkan. Untuk melakukan ini, Anda harus meletakkan laptop Anda ke mode “kinerja” di perangkat lunak yang disediakan oleh MSI yang menghasilkan hasil di bawah ini.

  • Cinebench 20 – Multi
  • Cinebench 20 – Single
  • Serangan Malam 3DMark
  • Serangan Malam 3DMark – Grafik
  • Serangan Malam 3DMark – CPU

Yang jelas dari tolok ukur ini adalah bahwa 1195G7 adalah prosesor Tiger Lake U tercepat, tetapi juga tetap Tiger Lake U. Singkatnya: semua keunggulan Tiger Lake U, laptop ini lebih baik. Ambil Cinebench Single, misalnya, karena laptop ini masih lebih cepat daripada ASUS Zenbook Duo, yang bekerja sangat baik dalam benchmark ini. Dalam 3DMark Night Raid Graphics, 1195G7 juga berada di atas, karena GPU dapat berjalan hingga 1400MHz, sedangkan kecepatan igp 1165G7 hanya 1350MHz. Segala sesuatu yang tidak baik di Tiger Lake U, 1195G7 sedikit lebih baik, tetapi itu tidak cukup baik. Jika Anda membutuhkan banyak core, masih lebih baik untuk melihat laptop dengan prosesor AMD. Anda melihatnya di Cinebench Multi dan di CPU 3DMark Night Raid.

Bukan berarti kecepatan CPU Intel yang tinggi tidak berpengaruh, karena 1195G7 empat inti di Cinebench Multi hampir secepat Ryzen 5 5500U enam inti. Namun, ada juga prosesor 5800U. Mereka dapat ditemukan di laptop yang harganya sama atau kurang dari MSI, dan jauh lebih cepat dalam skenario multi-core. Yang terakhir akan tetap menjadi kelemahan generasi Tiger Lake U, karena untuk lebih banyak core kita harus menunggu sampai prosesor generasi berikutnya.

  • frekuensi jam
  • Konsumsi energi
  • Resolusi Da Vinci

Alasan mengapa 1195G7 tampil sangat baik di benchmark adalah cara MSI mengonfigurasi CPU. Chip diizinkan untuk menggunakan banyak daya, yang menghasilkan kecepatan clock tinggi dan CPU juga dapat mempertahankannya untuk waktu yang lama. Selain itu, CPU dapat secara singkat mengeksploitasi 64W dan saat menjalankan Cinebench 23 kami melihat konsumsi meningkat hingga hampir 60W. Pada grafik di atas, kami mencatat 223 detik dari 30 menit kami menjalankan Cinebench. Setelah puncak pertama, kecepatan clock turun menjadi sekitar 3,5GHz dan konsumsi daya tetap sekitar 33W. Itulah yang terjadi setelah sekitar tiga menit, tetapi tetap sama selama setengah jam kami bermain Cinebench. Pendinginan mampu menghilangkan panas ini dan ini, bersama dengan konsumsi yang tinggi ini, menjadikan Prestige 14 laptop Tiger Lake tercepat yang pernah kami uji hingga saat ini. Kami juga melihat ini di benchmark tampilan DaVinci, di mana MSI melakukan pekerjaan yang sangat baik pada quadcore Intel.

Layar, masa pakai baterai, dan peningkatan

Prestige 14 tersedia dengan layar 4K, tetapi versi yang kami terima hadir dengan panel Full HD. Papan ini berasal dari pabrik AU Optronics dan ternyata sangat bagus di hampir semua bidang. Prestige 14 adalah panel matte, yang tetap kami sukai, karena menghasilkan pantulan yang lebih sedikit daripada layar glossy.

Layar muncul, jika kita meletakkannya Pengukuran Dengan kolorimeter SpectraCal C6 dan perangkat lunak Calman, alat ini juga dapat dikalibrasi dengan sangat baik. Deviasinya adalah 1,1ΔE dalam pengujian skala abu-abu kami dan bahkan kurang dari 1ΔE ketika warna primer dan sekunder diukur. Kontrasnya juga tinggi pada 1840:1 jadi sangat disayangkan kecerahan maksimumnya agak tertunda. Untuk penggunaan di dalam ruangan, 285cd/m² baik-baik saja, tetapi pesaing dalam kisaran harga ini sekitar 400cd/m² dan bagus untuk memiliki opsi untuk membalik layar lebih cerah.

  • kecerahan putih
  • perbedaan
  • Jelajahi masa pakai baterai

Akhirnya, kami melihat masa pakai baterai dan melihat bahwa laptop mampu memberikan waktu kerja yang baik dari baterai 52Wh saat menjelajah.

Akhirnya, ketika kami membuka laptop, kipas besar menarik perhatian. Juga segera jelas bahwa tidak banyak yang perlu ditingkatkan. Stik memori disolder di dalam dan tidak ada slot kedua yang tersedia untuk SSD tambahan. Samsung PM9A1-ssd yang disertakan ditempatkan di sebelah kanan di sebelah baterai. Di sebelahnya adalah kartu jaringan Killer AX1675x. Ini masih layak disebut, karena kartu jaringan nirkabel ini mendukung jaringan WiFi di pita 6 GHz.

kesimpulan

Ada alasan mengapa Intel mengirimi kami MSI Prestige 14 secara khusus untuk memamerkan prosesor i7-1195G7 yang baru. Laptop ini tahu cara mengeluarkan bagian bawah CPU dari casing, menjadikan MSI laptop Tiger Lake U tercepat yang pernah kami uji sejauh ini. Apakah ada banyak yang bisa diekstraksi dari silikon Tiger Lake? Ini tidak terlalu buruk. Jika melihat ASUS Zenbook Duo yang, seperti MSI, memiliki pendinginan yang baik dan memungkinkan CPU untuk menggunakan banyak daya, perbedaannya tidak terlalu besar. Anda dapat melihat perbedaan yang sangat besar antara Tiger Lakes dengan empat core dan laptop AMD dengan enam atau delapan core. AMD tidak selalu crash. Dalam situasi di mana kecepatan single-core atau GPU menarik, Intel adalah yang tercepat dan Prestige 14 adalah Intel tercepat, dengan peringatan bahwa perbedaannya tidak terlalu besar.

Jadi, jika Anda mencari laptop cepat dengan prosesor Tiger Lake, Anda tidak perlu menabung untuk prosesor 1195G7, tetapi bagaimana dengan laptop yang menyertainya? Prestige 14 adalah laptop yang sangat bagus pada poin terpenting. Kami ingin melihat kecerahan yang agak lebih tinggi, tetapi skor panel sangat baik dalam hal kalibrasi dan kontras. Masa pakai baterai juga tidak mengecewakan dan kami telah berbicara tentang kecepatan prosesor. Yang kami perjuangkan dengan laptop ini adalah hal-hal kecil, seperti ujung sasis, LED berkedip yang mengganggu saat webcam aktif dan penempatan touchpad di bawah pergelangan tangan kanan Anda.

Jika hal-hal ini tidak menghentikan Anda untuk membeli MSI Prestige 14, kami punya kabar buruk untuk Anda; Versi yang kami uji adalah model A11MO dari AS. Di Belanda Anda bisa mendapatkan A11M dengan prosesor Core i7 1185G7. CPU adalah sesuatu yang lain terdaftar daripada 1195G7, tetapi kami tidak mengharapkan Anda untuk melihat perbedaannya. Yang berbeda adalah kartu jaringan nirkabel, karena tidak mendukung jaringan 6GHz pada A11M dan koneksi USB-A bekerja pada kecepatan USB 2.0.