BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Unilever menjual cabang tehnya seharga 4,5 miliar euro

Unilever menjual divisi tehnya ke perusahaan modal ventura CVC Capital Partners yang berbasis di Luksemburg. Perusahaan makanan akan menerima 4,5 miliar euro untuk ini.

Cabang teh termasuk merek terkenal seperti Lipton dan Boca. “Kami bangga dengan posisi divisi teh kami dalam sejarah perusahaan kami,” kata Alan Job, CEO Unilever. Lipton telah dimiliki oleh Unilever sejak saat itu awal tahun tujuh puluhan. Saat itu, akuisisi tersebut merupakan bagian dari pertumbuhan yang menjadikan Unilever sebagai pemain global.

teh hitam

Unilever sudah mengumumkan tahun lalu bahwa mereka mungkin ingin membuang teh. Tahun itu, divisi tersebut masih menghasilkan penjualan €2 miliar, tetapi pertumbuhannya terhenti. “Konsumen muda lebih condong ke teh lembut, teh hijau, dan teh herbal,” kata Job tahun lalu. Di sisi lain, Unilever menjual banyak teh hitam. “Teh hitam pekat menjadi kurang populer, terutama di Amerika Utara dan Eropa.”

Dijual 34 merek teh dengan 11 pabrik dan 3 perkebunan besar dialihkan ke perusahaan terpisah: Ekatera. Unilever akan mempertahankan kepentingannya dalam perdagangan es teh dan teh di Nepal, Indonesia dan India.

Roly Van Rabar

Penjualan tersebut akan menempatkan merek teh di tangan CVC Capital Partners, perusahaan ekuitas swasta terbesar di Eropa. Perusahaan investasi ini didirikan pada tahun 1981 di London, tetapi sekarang berbasis di Luksemburg. Salah satu pendirinya adalah orang Belanda Roly Van Rabar.

Di Belanda, perusahaan tersebut adalah pemilik perusahaan konstruksi VolkerWessels, pabrik ranjang Beter Bed dan pengolah limbah Van Gansewinkel.

CVC datang pada bulan September kehilangan kredibilitas Karena investasi di Liga Sepak Bola Spanyol. Itu melawan pertandingan Barcelona-Real Madrid, antara lain.

READ  Kapasitas pengujian di Belanda akan meningkat secara signifikan mulai Sabtu depan