The news is by your side.

Usia Minimal 25 Tahun, NasDem Buka Pendaftaran Calon Walikota Denpasar

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – DPD Partai NasDem Kota Denpasar mulai membuka pendaftaran bakal calon Kepala Daerah yang akan bertarung pada Pemilihan Walikota (Pilwakot) Denpasar tahn depan. Pilwakot Denpasar yang digelar serentak bersama lima kabuapten lainnya di Bali akan dilaksanakan pada 20 September 2020.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Denpasar I Dewa Nyoman Budiasa mengatakan, pendaftaran dimulai hari kemarin hingga 23 Oktober mendatang. Pendaftaran terbuka untuk umum. Ada sejumlah persyaratan pendaftaran, salah satunya bakal calon harus berusia minimal 25 tahun. “Siapa saja boleh mendaftar, baik dari internal partai NasDem maupun tokoh-tokoh di luar partai. Wartawan kalau mau mendaftar juga silahkan,” kata Budiasa, saat memberikan keterangan pers di Kantor DPD NasDem Kota Denpasar, Selasa (24/9). Hadir pada kesempatan itu para pengurus DPD dan DPC NasDem se-Kota Denpasar dan anggota DPRD Kota Denpasar dari NasDem.

Secara umum jadwal penjaringan hingga penetapan bakal calon Walikota/Wakil Walikota Denpasar di partai NasDem adalah pendaftaran berlangsung pada 23 September-23 Oktober. Selanjutnya pada 24-31 Oktober dilakukan pemaparan visi misi dan stratetegi oleh bakal calon. Pada 1-5 November digelar Pleno DPD NasDem Kota Denpasar dilanjutkan dengan DPW NasDem Provinsi Bali. Proses selanjutnya adalah nyerahan berkas bakal calon ke DPP NasDem pada 6-8 November. Pada November-Desember, Tim Pilkada Pusat akan mengundang DPW/DPD dan Bakal Calon untuk Wawancara. DPP juga menggandeng sejumlah lembaga survey akan melakukan survey terhadap bakal calon sebelum rekomendasi dikeluarkan.

Lebih lanjut Budiasa menegaskan, kendati pendaftaran terbuka untuk umum, namun proses penjaringan, verifikasi hingga penetapan calon kepala daerah dilakukan secara internal dengan mekanisme bersifat tertutup. “Ini untuk menjaga martabat bakal calon Walikota dan/atau Wakil Walikota yang tidak direkomendasikan partai,” jelas Budiasa. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.