BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Vaksin baru yang dibutuhkan oleh Omicron? Virus mungkin lebih resisten

Mungkin sudah di Belanda: Varian baru dari virus corona, Omicron. Varian ini ditemukan di Afrika Selatan, tetapi mungkin telah mencapai negara kita melalui rute yang berbeda.

Saat ini, sebagian besar pasien corona di Belanda masih menderita varian delta. Tetapi jika omikron terbukti lebih menular daripada delta, omikron pada akhirnya akan menjadi dominan.

Apakah kita semua membutuhkan dosis booster Omicron? Banyak yang masih belum pasti.

penyebaran cepat

Apakah vaksin perlu disesuaikan dengan omicron tergantung pada tiga hal, kata Roger Sanders, profesor eksperimental virologi dan vaksinologi di AMC. Pertama, portabilitas.

“Laporan dari Afrika Selatan tampaknya menunjukkan bahwa virus lebih menular daripada varian delta, tetapi kita harus menunggu dan melihat.” Jumlah tes positif di negara itu tiba-tiba meningkat pesat dalam beberapa pekan terakhir.

Virus ini juga telah ditemukan di negara lain, terutama di Afrika Selatan tetapi juga lebih dekat ke rumah: Jerman, Inggris, Belgia dan Republik Ceko. RIVM mengatakan 95 persen yakin bahwa Omicron juga hadir di Belanda.

Kedua, sejauh mana virus menyebabkan penyakit yang lebih ringan atau lebih parah daripada varian yang lebih lama? “Kami belum tahu apa-apa tentang itu,” kata Sanders. Jika Anda sakit dengan tingkat omicron yang jauh lebih rendah, sebaiknya varian ini lebih menular.

Pertanyaan penting ketiga: Apakah virus baru melawan kekebalan yang kita ekstrak dari vaksin, atau dari infeksi sebelumnya? Dengan kata lain: Apakah Omicron lebih kuat daripada melindungi kita? “Saya pikir kita harus berasumsi bahwa virus ini lebih tahan,” kata Sanders.

Alasan asumsinya adalah Omicron lebih banyak bermutasi pada satu aspek penting dibandingkan varian sebelumnya. Pada apa yang disebut protein lonjakan, yang mengikat virus ke sel manusia, ditemukan 32 perubahan dibandingkan dengan virus aslinya. Ini jauh lebih banyak dari varian sebelumnya.

READ  Perkemahan dievakuasi karena kebakaran hutan di Prancis selatan | luar negeri

Vaksin saat ini secara khusus dirancang untuk menghasilkan antibodi yang menargetkan protein lonjakan. Namun, Mark Captin, direktur medis produsen vaksin Pfizer Netherlands, percaya bahwa vaksinnya cukup melindungi terhadap omicron. “Selama ini vaksin belum pernah dimodifikasi. Pasti sangat aneh jika varian baru tidak lagi rentan terhadap infeksi.”

Sanders sedikit lebih pesimis. “Kami mengetahui beberapa mutasi omicron pada varian beta, yang kurang sensitif terhadap vaksin.”

Tapi, kata Kapten, kemungkinan mutasi yang besar-besaran bisa membuat varian baru lebih lemah. “Ini bisa berarti virus bereproduksi kurang baik. Varian beta agak kurang rentan terhadap vaksin, tetapi kurang cocok, dan karenanya dihilangkan.”

Vaksin baru dalam 100 hari

Bagaimana jika vaksin tidak bekerja dengan baik? Kemudian, Pfizer dapat menawarkan vaksin yang dimodifikasi dalam 100 hari, kata Kaptein. “Kami dapat memasukkan kode genetik untuk varian baru ke dalam vaksin kami. Itu bisa dilakukan dalam hitungan minggu.” Sanders setuju: “Ini cukup mudah. ​​Itu kabar baik.”

Langkah selanjutnya adalah pengujian pada manusia. “Kami sedang menguji beberapa lusin sukarelawan apakah respons imun sesuai dengan yang Anda inginkan,” kata Kaptein.

Jika demikian, otoritas inspeksi tetap harus memberikan persetujuan. “Tentu saja mereka sudah tahu banyak tentang vaksin kami.”

Baik produsen vaksin Moderna dan Pfizer sedang mencari tahu apakah vaksin mereka benar-benar harus dimodifikasi. Apakah setiap orang harus benar-benar mendapatkan dosis penguat Omicron lagi tergantung pada tingkat infeksi dan seberapa sakit Anda dengan Omicron. Dan perlindungan tambahan dari dosis booster bisa kita dapatkan sekarang atau segera.

Sanders: “Dengan Delta, kita sudah melihat bahwa orang yang telah divaksinasi dua kali terinfeksi, tetapi kemungkinan mereka sampai ke rumah sakit sangat kecil.”

READ  Korban tewas dalam kerusuhan penjara Ekuador meningkat menjadi lebih dari 100