BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Vaksin Novavax tampaknya bekerja melawan Omicron

Dengarkan versi audio dari artikel ini di bawah ini

Vaksin Corona Novavax mampu menghasilkan respon imun terhadap varian omikron dari virus Corona. Hal ini terlihat dari data penelitian pertama dari perusahaan Amerika diposting Dimana antara lain Reuters tentang pesan.

Vaksin berbasis protein Novavax yang disebut Nuvaxovid telah disetujui untuk digunakan di Uni Eropa minggu ini. Itu juga sebelumnya telah disetujui di negara-negara seperti Indonesia dan Filipina, tetapi belum oleh Amerika Serikat.

Dosis booster dengan vaksin Novavax meningkatkan respon imun terhadap varian omikron bahkan lebih. Data berasal dari studi produsen yang sedang berlangsung tentang kemanjuran vaksin pada orang dewasa muda dan suntikan booster.

Vaksin dari produsen lain seperti Pfizer dan Moderna juga meningkatkan respons kekebalan terhadap omicron, menurut data pertama dari perusahaan tersebut. Dalam semua kasus, resistensi paling kuat pada orang yang menerima dosis booster.

Vaksin Novavax didasarkan pada protein

Nuvaxovid didasarkan pada teknologi yang berbeda dari empat vaksin lain yang disetujui di Uni Eropa. Itu tidak mengandung kode genetik, melainkan mengandung partikel kecil protein yang membentuk lonjakan (putaran) virus corona. Protein ini dipalsukan di laboratorium.

Empat vaksin lainnya yang telah dilisensikan di UE hingga saat ini adalah apa yang disebut vaksin mRNA dari Pfizer/BioNTech dan Moderna dan vaksin vektor dari AstraZeneca dan Janssen.

Novavax ditujukan terutama untuk orang dewasa. Mereka mendapatkan dua tembakan, tiga minggu terpisah. Vaksin dan suntikan booster belum dievaluasi untuk anak-anak.

READ  BNI Amsterdam dapat menghasilkan $5,47 miliar dalam perdagangan

Vaksin Omicron sedang dalam pembuatan

Perusahaan AS sedang mengerjakan vaksin omikron spesifik dan mengharapkan produksi dimulai pada Januari. Vaksin ini kemudian akan dikirim ke 27 negara anggota Uni Eropa.

Ini adalah bagian dari kesepakatan Novavax dengan Uni Eropa untuk memasok 200 juta dosis. Menurut distribusi biasa, Belanda akan menerima 3,89% dari jumlah ini.

Pada awal 2022, perusahaan juga akan mengirimkan vaksin ke COVAX, yang mengalokasikan vaksin ke negara-negara miskin di bawah pengawasan Organisasi Kesehatan Dunia. COVAX akan menerima total lebih dari 1,1 miliar dosis vaksin dari Novavax.

Baca Juga: Perusahaan Biotek AS Novavax Juga Punya Hampir 90% Vaksin Corona – Uni Eropa Targetkan Beli 100 Juta Dosis