BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Versi Arcade dari Tennis Pong Merayakan 50 Tahun – Game – .Geeks

Lima puluh tahun telah berlalu sejak permainan Pong muncul. Ini adalah produk pertama dari pengembang game Atari dan memulai debutnya sebagai game arcade. Mengikuti popularitas arcade, versi konsol rumah keluar tiga tahun kemudian.

Pong berasal dari insinyur Allen Alcorn. Dia dipekerjakan oleh salah satu pendiri Atari Nolan Bushnell untuk mengembangkan game untuk perusahaan tersebut, meskipun Alcorn tidak memiliki pengalaman sebagai pengembang game. Alcorn mengatakan Alcorn dan Bushnell sebelumnya bekerja sama di pembuat elektronik Ampex. Dalam sebuah wawancara dengan IGN pada tahun 2012. Kemudian pendiri Atari terkesan dengan keahlian Alcorn di bidang ilmu komputer dan teknik kelistrikan. Itu sebabnya Bushnell menginginkan insinyur itu bersama perusahaannya.

Inspirasi pasti di balik Pong masih belum jelas. Menurut Bushnell, permainan tersebut didasarkan pada variasi numerik tenis, termasuk permainan yang dia mainkan di komputer PDP-1 pada tahun 1964. Namun, Alcorn mengatakan Pong didasarkan pada Ping Pong’s Magnavox Odyssey, yang dilihat Bushnell sebelum rilis konsol. Sebagai proyek pelatihan, insinyur ditugaskan untuk membuat permainan sederhana dengan satu titik bergerak, dua pemukul, dan angka untuk mencatat skor.

Versi pertama terlalu membosankan untuk Alcorn, jadi dia menambahkan elemen tertentu agar lebih seru, seperti bola yang bergerak semakin cepat. Fitur lainnya adalah dayung dalam game tidak dapat mencapai bagian atas layar. Ini karena kerusakan sirkuit. Daripada memperbaiki bug, Alcorn memutuskan untuk membiarkannya. Hal ini membuat permainan menjadi lebih sulit dan mencegah “pemain ahli untuk memainkan permainan selamanya”.

Pada Agustus 1972, Atari menempatkan prototipe Pong di Kedai Andy Capp di Sunnyvale, California. Perusahaan sebelumnya telah memasok mesin pinball dengan selotip. Prototipe dengan cepat menjadi cacat karena popularitasnya yang ekstrim. Penyebab malfungsi ternyata cukup sederhana: baki masukan koin yang dipinjam dari mesin cuci dari laundry sudah penuh, sehingga tidak ada lagi koin yang muat di dalamnya.

READ  Bandai Namco menggantikan Ms. Pac-Man dari karakter baru Pac-Mom - Gaming - .Geeks

Setelah menemukan investor, Atari bisa melepaskan Pong. Pada tanggal 29 November 1972, permainan tersebut diumumkan dan dua belas lemari arcade didistribusikan ke seluruh California. Setelah dirilis, Pong secara konsisten memperoleh keuntungan empat kali lipat dari mesin yang dioperasikan dengan koin lainnya pada saat itu. Bushnell memperkirakan dalam sebuah wawancara dengan Informan Game pada tahun 2011 Gim ini menghasilkan 30 hingga 40 dolar sehari. Itu sekitar 140 hingga 160 orang bermain untuk 25 sen sekaligus. Pada tahun 1974, lebih dari 8.000 lemari Pong Arcade telah terjual.

Pada tahun 1975, Atari merilis versi game untuk konsol rumah. Dua versi muncul di pasaran: Home Pong, yang hanya tersedia melalui rantai ritel Sears, dan versi Atari sendiri. Home Pong terjual 150.000 eksemplar dan edisi khusus Atari terjual 50.000 eksemplar, Wired menulis pada tahun 2012. Juga, banyak pabrikan telah membuat versi Pong mereka sendiri. Tweakers menerbitkan sebuah artikel pada tahun 2019 tentang cara melakukan ini Buat konsol Pong Anda sendiri.