BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wartawan Belarusia mengunjungi Protasevich oleh seorang pengacara

Jurnalis dan aktivis Belarusia Roman Protasevi bertemu pengacaranya kemarin setelah empat hari di penjara. “Semuanya baik-baik saja, dia dalam kondisi yang baik, positif dan ceria,” kata pengacaranya, Inessa Ulenskaya, kepada kantor berita independen Bilaban. Dia berkata bahwa karena kerahasiaan profesionalnya, dia tidak bisa lagi kehilangan dirinya.

Protasevic dan pacarnya menjadi minggu terakhir Mereka ditangkap di Minsk, setelah berada di pesawat karena barang palsu Ancaman dengan bom Sementara di ibu kota Belarusia. Dalam klip video yang didistribusikan oleh saluran pemerintah Belarus sehari kemudian, aktivis tersebut menyatakan bahwa dia berada di balik demonstrasi di Belarusia.

Media sosial dengan cepat menunjukkan bahwa pernyataan ini dibuat dengan paksa. Juga Vader Di Ibu, Yang tinggal di pengasingan di Polandia, mengatakan mereka yakin video itu direkam di bawah tekanan. Selain itu, mereka mengatakan bahwa mereka melihat tanda-tanda kekerasan di wajah putra mereka di foto tersebut.

Hindari wilayah udara

Penangkapan Protasevi dan cara terjadinya memicu kemarahan di tingkat internasional. Uni Eropa memutuskan ekonomi baru Hukuman Melawan Belarusia. Apalagi, pesawat Belarusia sekarang dilarang memasuki wilayah udara Eropa. Maskapai penerbangan Eropa juga diharuskan menghindari wilayah udara Belarusia.

Kemarin, beberapa maskapai penerbangan Eropa menyatakan harus membatalkan penerbangan karena Rusia tidak mengizinkan mereka menyesuaikan rencana penerbangan untuk menghindari wilayah udara Belarusia. Oleh karena itu penerbangan Austrian Airlines dibatalkan, dan Air France juga menyatakan harus membatalkan penerbangan dari Paris ke Moskow karena alasan ini.

READ  Bolsonaro didenda lagi karena tidak memakai masker | di luar negeri