BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Willem-Alexander dan Maxima dalam kunjungan kenegaraan ke Indonesia

Willem-Alexander dan Maxima dalam kunjungan kenegaraan ke Indonesia

Ratu Máxima dan Raja Willem-Alexander pada penobatan Kaisar Jepang Naruhito pada bulan Oktober

Berita Noos

Raja Willem-Alexander dan Ratu Máxima akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada bulan Maret. Layanan informasi pemerintah mengatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk kerja sama, termasuk di bidang pertanian, kesehatan, perlindungan pantai, dan teknologi perairan.

Menteri Blok (Urusan Luar Negeri), Kaag (Perdagangan Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan), Van Nieuwenhuizen (Infrastruktur dan Pengelolaan Air) dan Bruens (Perawatan Medis dan Olahraga) juga berpartisipasi dalam konferensi tersebut. Apalagi raja dan ratu didampingi dalam misi dagang. Kunjungan tersebut bertepatan dengan perayaan 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

Ratu Beatrix dan kemudian Presiden Indonesia Soeharto pada tahun 1995

Ini merupakan kunjungan kenegaraan pertama ke bekas jajahan Belanda tersebut sejak kunjungan Ratu Beatrix pada 1995. Raja Willem-Alexander yang kala itu berstatus pangeran juga hadir di sana.

Itu adalah kunjungan kenegaraan yang dikenakan biaya. Ratu Beatrix berbicara tentang kepekaan terkait masa lalu kolonial, namun tidak meminta maaf atas nama Belanda.

Pemerintah Belanda merasa Ratu Beatrix diperlakukan tidak pantas, salah satunya karena makan siang pribadi dengan Presiden Soeharto dibatalkan dan percakapan alternatif diakhiri dengan monolog Soeharto.

READ  Indonesia mengatakan Mitsubishi Motors berencana untuk menginvestasikan $375 juta pada tahun 2024