The news is by your side.

WNI dari Kapal Dream World dan Diamond Princess Dikarantina Terpisah di Pulau Sebaru

2

Oleh: Azhar AP   |

Balicitizen.com, Jakarta – Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, menjadi pusat karantina warga negara Indonesia (WNI) dari dua kapal pesiar untuk masa observasi penularan virus corona atau COVID-19.

Sebanyak 188 WNI yang dievakuasi dari kapal pesiar Dream World di Hongkong telah tiba di Pulau Sebaru Kecil. Mereka akan menjalani masa observasi di pulau itu selama 14 hari ke depan.

Sementara 68 WNI dari kapal pesiar Diamond Princess asal Yokohama, Jepang, masih dalam proses pemulangan ke Indonesia. Mereka akan dikarantina secara terpisah di Pulau Sebaru.

“Nanti ada pemisahan atau pembagian blok bagi warga yang berasal dari kapal pesiar Dream World dan Diamond Princess,” ujar Juru bicara Presiden bidang sosial Angkie Yudistia, Sabtu (29/2).

Namun, masa observasi 68 WNI ini lebih lama dua kali lipat yaitu selama 28 hari. Terjadi perbedaan masa karantina antara WNI dari kapal pesiar Dream World dan Diamond Princess.

Penyebabnya, kapal pesiar Dream World dinyatakan negatif terjangkit virus corona atau COVID-19. Adapun masa karantina terhadap 68 WNI asal Kapal Diamond Princess lebih lama karena ada kejadian salah seorang warga Amerika Serikat yang merupakan penumpang kapal pesiar Diamond Princess sudah sempat dinyatakan negatif terjangkit virus, namun menjadi positif COVID-19 setelah hari ke-21.

Dengan begitu, proses karantina selama 28 hari diyakini cukup untuk memastikan para WNI tersebut benar-benar sehat saat meninggalkan tempat karantina.

Secara umum, proses katantina dua blok antara Kapal Dream World dan Diamond  Princess dilakukan sebagaimana masa karantina WNI di Pulai Natuna beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, ada sembilan WNI yang berada di dalam kapal pesiar Diamond Princess dinyatakan positif corona virus. Sembilan WNI itu tengah menjalani perawatan intensif oleh pemerintah Jepang.

Saat ini, Pemerintah sudah memastikan akan memulangkan 68 WNI dari kapal pesiar Diamond Princess asal Yokohama, Jepang. Proses evakuasi WNI di kapal Diamond Princess mengikuti protokol kesehatan pihak Jepang.

Mereka akan diangkut dengan pesawat berbadan besar sehingga tidak melakukan transit terlebih dahulu. Sesampainya di Indonesia, 68 WNI itu akan menjalani karantina di Pulau Sebaru, sama dengan WNI yang dievakuasi dari kapal pesiar Dream World.

Proses evakuasi maupun observasi dilakukan melalui koordinasi Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Selain itu, kementerian teknis di bawahnya serta mendapat dukungan penuh dari TNI-AL, BNPB, dan kelembagaan lain. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait
2 Comments
  1. jessi says

    Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys…

  2. sukiyaki says

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi..
    jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu
    segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach…
    bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.
    Click Disini

Leave A Reply

Your email address will not be published.