BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Xiaomi memperkenalkan 14 seri ponsel dengan soc Snapdragon 8 Gen 3 dan HyperOS – Tablet & Ponsel – Berita

Xiaomi mengumumkan ponsel 14 dan 14 Pro untuk pasar Cina. Smartphone ini akan menampilkan SoC Snapdragon 8 Gen 3 baru. Mereka juga merupakan ponsel pertama yang menggunakan Xiaomi HyperOS, yang pada akhirnya akan menggantikan antarmuka MIUI saat ini.

Xiaomi 14 Ini memiliki layar AMOLED 6,36 inci dengan kecepatan refresh variabel dari 1 hingga 120 Hz. Menurut pabrikannya, layarnya memiliki kecerahan puncak 3000cd/m² dan mendukung Dolby Vision. Xiaomi 14 juga mendapatkan SoC Snapdragon 8 Gen 3, yang diumumkan Qualcomm awal pekan ini.Ponsel ini akan hadir dengan memori Lpddr6x hingga 16GB dan penyimpanan UFS 4.0 hingga 1TB.

Apalagi Xiaomi 14 akan dibekali baterai 4610 mAh dengan dukungan fast charging 90W. Pabrikan mengatakan pengisian daya nirkabel dimungkinkan dengan daya maksimum 50W. Ponsel juga dapat mengisi daya perangkat lain secara nirkabel dengan menempatkan perangkat tersebut di bagian belakang perangkat. Ini bekerja pada maksimum 10 watt. Ada tiga sensor kamera di bagian belakang perangkat. Kamera utama memiliki sensor 50 megapiksel dengan stabilisasi gambar optik. Kamera ultra-wide-angle dan telefoto juga memiliki resolusi 50 megapiksel. Ada kamera selfie 32 megapiksel di bagian depan perangkat.

Xiaomi 14 awalnya akan diluncurkan di China saja. Model termurah dengan memori 8 GB dan penyimpanan 256 GB berharga 3.999 yuan atau setara dengan 518 euro. Model termahal dengan memori 16GB dan penyimpanan 1TB berharga 651 euro. Xiaomi tidak mengatakan apa pun tentang ketersediaan internasional dan tidak menyebutkan harga resmi dalam euro. Merek asal China tersebut sebelumnya merilis Seri 13 nanti di Benelux.

Xiaomi 14 Pro dengan layar lebih besar dan pengisian cepat 120W

Ponsel Xiaomi 14 Pro sendiri memiliki layar AMOLED berukuran 6,73 inci, juga dengan variabel refresh rate hingga 120 Hz. Kali ini, layarnya menampilkan sedikit lengkungan di keempat tepinya. Kaca ponsel juga dilengkapi dengan kaca “Xiaomi Ceramic”: ini akan memastikan kaca layar tidak cepat pecah dan tergores.

READ  CEO Apple ingin meluncurkan headset MR tahun ini meskipun ada keberatan dari tim desain - IT Pro - Berita

Kamera utama Xiaomi 14 Pro juga memiliki aperture variabel mulai f/1.42 hingga f/4.0. Baterai 4880 mAh dapat diisi hingga 120 watt. Daya pengisian nirkabelnya tetap tidak berubah dibandingkan Phone 14 biasa dengan daya 50 watt. Versi Pro juga mendapat SoC Snapdragon 8 Gen 3, RAM hingga 16GB, dan penyimpanan hingga 1TB.

Xiaomi juga akan merilis 14 Pro untuk pertama kalinya di China. Model dengan memori 12 GB dan penyimpanan 256 GB berharga 4.999 yuan atau setara dengan 651 euro. Varian termahal 16GB/1TB berharga €778, atau €844 dengan casing titanium.

Xiaomi HiperOS

Xiaomi 14 dan 14 Pro juga menjadi ponsel pertama yang memiliki fitur HyperOS, yang telah diumumkan sebelumnya. Ini harus menggantikan antarmuka MIUI perusahaan teknologi China saat ini. HyperOS pada akhirnya akan hadir di smartphone Xiaomi lainnya, tetapi nantinya juga akan muncul untuk perangkat wearable, mobil, peralatan rumah pintar, dan perangkat lain dari perusahaan tersebut. Pabrikan menyebut HyperOS sebagai kombinasi sistem Vela dan “Linux”, yang mengacu pada Android. Perusahaan membagikan beberapa detail konkret tentang sistem operasi dalam siaran pers. Versi pertama HyperOS akan didasarkan pada sistem operasi Android 14.