BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Zaporizhzhia di bawah api, pelabuhan Mariupol dapat diakses menurut Rusia sekarang

Sekali sehari, NU.nl memberi Anda gambaran tentang situasi di Ukraina. Kali ini: di timur negara itu, pertempuran berlanjut dan kota Zaporizhia terutama diserang. Pada jarak sekitar 200 kilometer, pelabuhan Mariupol dapat dicapai lagi, menurut pihak Rusia.

Pertempuran sengit di timur negara itu terutama tercermin di Zaporizhia pada hari Rabu. Kota itu dibom dengan rudal di pagi hari. Menurut pihak berwenang setempat, empat rudal balistik Rusia ditembakkan. Mereka bisa saja menabrak pabrik tempat pembuatan mesin dan stasiun kereta api.

Kerusakan pastinya belum diketahui. Juga tidak jelas apakah ada korban luka.

Pertempuran sengit juga pecah di wilayah Luhansk pada hari Rabu. Misalnya, gubernur daerah Sergei Gaidai mengatakan bahwa kota Severodonetsk sedang dibombardir dengan rudal.

Pelabuhan Mariupol dapat dicapai lagi menurut pihak Rusia

Menurut pihak Rusia, pelabuhan Mariupol bisa digunakan kembali. Mereka mengklaim telah membersihkan pelabuhan di kota yang baru saja direbut dari “ribuan benda yang meledak dan kapal yang tenggelam”.

Pelabuhan tersebut dikatakan telah beroperasi penuh kembali, tetapi hal ini belum dikonfirmasi secara independen. Kremlin mengatakan kapal pertama dapat meninggalkan pelabuhan lagi.

Putin mengunjungi tentara yang terluka

Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan kunjungan publik ke personel militer untuk pertama kalinya. Gambar yang dirilis oleh Rusia menunjukkan dia mengunjungi sebuah rumah sakit di Moskow. Putin mengenakan jas dokter selama kunjungan dan berjabat tangan dengan beberapa staf dan tentara. Dia juga berbicara dengan seorang tentara yang terluka tentang anaknya dan mengatakan dia akan bangga dengan ayahnya.

Televisi Rusia hanya menayangkan gambar kunjungan yang sangat singkat. Ini akan menjadi kunjungan pertama Putin ke tentara yang terluka dalam tiga bulan.

READ  Guru diberikan alat selama “pelatihan untuk belajar”

Batas usia untuk tentara Rusia telah dihapus

Pada hari kunjungan Putin ke rumah sakit, Duma Negara Rusia memutuskan untuk menghapuskan usia minimum untuk personel militer. Sekarang juga dimungkinkan bagi orang Rusia yang berusia di atas 40 tahun untuk bergabung dengan tentara.

Dan Rusia sendiri mengatakan bahwa mereka mengambil langkah ini agar tentara dapat menggunakan keterampilan orang Rusia yang lebih tua. Namun, para ahli percaya bahwa Rusia mengalami kekurangan personel akibat perang di Ukraina. Banyak tentara Rusia bisa saja terbunuh di dalamnya, tetapi tidak jelas berapa banyak yang terbunuh.

Putin belum menandatangani undang-undang tersebut, tetapi ini pada dasarnya formalitas.

Zelensky hanya ingin bernegosiasi langsung dengan Putin

Dengan berlanjutnya pertempuran di Ukraina, negosiasi damai dengan Rusia telah lama terhenti. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan melalui tautan video di Forum Ekonomi Dunia pada hari Rabu bahwa ia hanya ingin berbicara langsung dengan Putin tentang perdamaian.

Jika Putin melihat “kenyataan”, dia dapat menemukan solusi diplomatik untuk konflik tersebut, menurut presiden Ukraina. Maka Moskow harus terlebih dahulu menarik pasukannya ke garis depan sebelum invasi Rusia pada 24 Februari. Ini akan menjadi langkah pertama menuju negosiasi.”