BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Zelensky mengumumkan pemboman Rusia terhadap gereja kayu tertua di Ukraina | Saat ini

Pasukan Rusia membom gereja kayu tertua yang masih ada di Ukraina pada hari Sabtu. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan gedung itu terbakar.

Ini tentang Gereja All Saints, yang dibangun pada awal abad ke-17. Gereja telah dihancurkan dan dibangun kembali beberapa kali sejak itu. Terakhir kali pada tahun 2009.

Gereja adalah bagian dari biara Svyatohirsk Lavra di wilayah Donetsk timur. Itu dekat dengan garis depan di Ukraina timur, di mana pertempuran sengit sedang berlangsung.

Sebuah klip video gereja kayu tampak terbakar. Menurut Zelensky, Rusia mengebom gereja dengan misil dan kemudian mundur. Kementerian Pertahanan Rusia membantahnya. Belum diketahui apakah ada korban luka.

Gereja Ortodoks Ukraina Patriarkat Moskow selalu setia kepada Gerakan Ibu di Rusia. Namun, setelah invasi Rusia ke Ukraina, gereja mengumumkan pemisahannya dari Moskow.

Zelensky kembali meminta PBB untuk menghukum dan mengisolasi Rusia sebagai tanggapan atas dugaan serangan terhadap gereja tersebut. Misalnya, dia ingin Rusia dikeluarkan dari UNESCO, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

READ  Putin melihat ruang untuk pembicaraan setelah bertemu dengan Schulz di Ukraina