BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Zhao Liang pada saya sangat menyesal

Sutradara dan artis Zhao Liang mengungkapkan dalam saya mohon maaf Menyesali konsekuensi saat ini dan masa depan tenaga nuklir. Film dokumenter kebencian manusia yang diilustrasikan dengan indah adalah buku pegangan melawan konsumsi dan kapitalisme yang berlebihan dan argumen untuk pendekatan yang lebih bijaksana terhadap planet kita. “Itu semua karena keserakahan kita.”

pada saya mohon maaf Sutradara dan seniman Tiongkok Zhao Liang menunjukkan ke mana kehausan manusia akan energi telah mengarah: bencana nuklir dan “kotoran abadi”.

Zhao, seorang penganjur energi bersih, membuat film di Chernobyl, Fukushima dan Onkalo, Finlandia, di mana fasilitas penyimpanan bawah tanah untuk limbah nuklir telah dibangun. Seorang penari Jepang bertopeng noh – penampakan hantu – memandu penonton di sepanjang tempat-tempat menakutkan di mana efek energi nuklir terlihat menyakitkan. Kemudian Zhao dengan luar biasa menggambarkan dalam gaya tablo jejak-jejak kehadiran manusia di lanskap. Seolah-olah manusia pernah menjadi penjajah di Bumi.

Perancang menyediakan gambar dengan suara meditatif dan puitis. “Bentuk-bentuk aneh di lanskap,” dia menyebut artefak manusia. Film dokumenter Zhao tayang perdana tahun lalu sebagai bagian dari Program Iklim Baru di Festival Film Cannes. Ini adalah film yang membenci manusia, dengan hanya secercah harapan di cakrawala, yang mengisyaratkan apa yang disebut “Brumatien Malu”: ​​perasaan ketika kita menyadari sebagai manusia bahwa mesin yang kita buat telah membuat kita mubazir. saya mohon maaf Ini juga merupakan pratinjau dari Post-anthropocene: era setelah “zaman kemanusiaan” saat ini di mana manusia secara struktural akan disingkirkan oleh mesin yang beroperasi secara otonom.

Selama percakapan Zoom, Zhao – sementara produsernya Zhao Jia bertindak sebagai penerjemah – berbicara tentang gambar pasca-apokaliptik dalam filmnya dari studionya di Beijing. Dalam genre pasca-apokaliptik, berkat serial TV seperti orang mati berjalan (2010) Sangat populer, Manusia Bertahan dari Kiamat.

READ  Pemenang dance marathon atas kritik: 'Saya memahami kekhawatiran semua orang, tetapi saya ingin terus maju'

pada saya mohon maaf Terkadang sepertinya tidak ada lagi tempat bagi umat manusia. Apakah film itu ramalan yang mengerikan? “Apa yang Anda lihat telah terjadi, kiamat atau tidak. Saya tidak mengada-ada. Ini bukan fiksi ilmiah tetapi fakta. Tunjukkan bahwa saya bukan seorang optimis. Kami masih menghasilkan uang setiap hari di lingkaran setan yaitu kapitalisme dan kami tidak bisa keluar dari itu. Teman tidak lagi di sekitar saya. Mereka menginginkan anak, dan mereka tidak melihat masa depan untuk generasi baru. Gambar dari film saya mengatakan sesuatu tentang masa depan kita: Kita harus benar-benar berubah. Film saya bukan ramalan tapi peringatan.”

Penari noh dapat dilihat terus menerus dalam film. Peran apa yang Anda mainkan? Dia tampak seperti hantu yang melewati semua tempat buruk itu. “Dia adalah pembicara simbolis. Seorang penari noh, sebagai jiwa, memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan melalui dimensi masa lalu, masa kini dan dimensi yang berbeda.”

Bagaimana pencitraan di tempat-tempat radioaktif itu? “Anda mengambil penghitung Geiger dan jika benda ini membuat banyak suara, Anda harus meninggalkan area tersebut. Anda juga dapat memakai penutup mulut sehingga partikel halus yang mengambang di sana tidak berakhir di tubuh Anda. Dan Anda memakainya. jas putih, yang juga kita kenal dari rumah sakit pada masa Corona. Karena sifat radiasi yang tidak terlihat, saya menyebutnya sebagai roh yang tidak terlihat.

Faktanya, kita tidak melihat hantu suram itu. Kita juga sebagai manusia tidak ingin melihat dampak dari limbah nuklir. Kami tidak tahu apa waktu paruh limbah nuklir; Kami telah terjebak dengan itu selama berabad-abad. Film ini menunjukkan bahwa ini tidak menjadi masalah tersendiri. Tentu saja kita akan segera mengalami kekurangan energi, tetapi tenaga nuklir bukanlah jawabannya. Dibandingkan dengan tambang batu bara, pembangkit listrik tenaga nuklir menyediakan energi yang lebih bersih, tetapi mudah untuk membicarakan limbah. Kami belum tahu seberapa besar kerusakan yang ditimbulkan limbah ini dalam jangka panjang. Kami telah menciptakan sesuatu yang belum dapat sepenuhnya kami pahami; Ini menurut definisi tidak dapat dipecahkan. “

READ  Max Stahl meninggal, yang foto-foto mengerikannya menempatkan Timor Timur di peta

Beberapa bidikan, seperti danau yang bercahaya di Kazakhstan, atau alam yang mekar di Chernobyl, tampak hebat. Pada saat yang sama, Anda melihat sesuatu yang tidak menyenangkan. “Mata kita bisa menipu kita. Pohon adalah pohon, Anda tahu, tetapi Anda hanya melihat di balik pohon ketika Anda berjalan di sebelahnya. Ambil danau itu misalnya: orang melihat air biru biru, dan itu indah secara estetika. Tapi apa kita temukan indah seringkali dangkal”.

Anda menggambarkan tempat-tempat seram itu dengan cara yang indah. Dengan gerakan kamera yang tenang dan halus. Apa inspirasimu? “Kamu telah menginspirasiku Shan Shuipiring tradisional Cina [shan staat voor bergen; shui voor water, OL.]Dan orang Cina gulunganManuskrip yang ditarik. Pada hari-hari ketika orang hidup dekat dengan alam, keindahan alam adalah pusat dari banyak lukisan, seperti di film saya. Gulungan bukanlah lukisan yang Anda gantung di dinding tetapi yang Anda lempar: perlahan tapi pasti cerita terungkap. Saya menerapkan itu dalam film saya: pertama Anda melihat sebuah pohon dan ketika Anda menggelinding lebih jauh, Anda melihat pohon-pohon lainnya.”

Anda juga memotret orang. Salah satu bagian yang paling mengharukan dari film Anda adalah anak-anak cacat fisik di panti asuhan Ukraina. bagaimana kita bisa sampai di sana? “Sebuah film dibuat tentang ini oleh pembuat film Inggris. Saya mengetahuinya selama penelitian saya. Omong-omong, tidak terbukti secara ilmiah bahwa cacat fisik disebabkan oleh radiasi, tetapi faktanya jenis kelainan bentuk ini meningkat secara signifikan setelah Chernobyl ledakan tahun 1986. Seringkali anak-anak ini ditolak oleh orang tua mereka. Lagi pula, Ukraina bukanlah negara yang makmur secara ekonomi. Mereka adalah anak-anak yang tidak bisa berbuat banyak, dan hidup mereka terpengaruh. Itu semua karena keserakahan kita. Mereka menderita karena kita membutuhkan lebih banyak listrik, lebih banyak energi, untuk kebahagiaan kita. Ini sangat menyakitkan.”

READ  2021 dalam gambar yang luar biasa

Namun, pembangkit listrik tenaga nuklir masih dalam pembangunan. Saya mendengar bahwa Belanda sedang mempertimbangkan untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir. Aku khawatir. Belanda adalah negara indah yang dikenal dengan kincir anginnya yang menyediakan energi yang jauh lebih bersih daripada pembangkit listrik tenaga nuklir. Omong-omong, saya membaca bahwa para ilmuwan sedang mengerjakan produksi energi nuklir tanpa limbah. Tapi ini masih dalam masa pertumbuhan. Akan sangat bagus jika kita bisa melakukan hal seperti ini, tetapi itu mengabaikan fakta bahwa kita tidak memiliki cukup energi untuk gaya hidup kita. Masalahnya ada pada kita. Kapitalisme – membeli, membeli, membeli, mengkonsumsi, mengkonsumsi dan mengkonsumsi.”

Apakah Anda masih optimis? Dia berbicara tentang kotak Pandora di film. Menurut legenda ini, setelah semua kesengsaraan, seekor burung muncul di luar kotak, melambangkan harapan. Film ini punya alasan yang bagus kotak Pandora sebagai judul bisnis. Tapi itu tidak cukup mengungkapkan apa yang saya inginkan dari film ini. saya mohon maaf Judulnya menjadi karena saya ingin pertama dan terutama meminta maaf kepada generasi muda. Saya memiliki harapan, tetapi kemudian kita semua harus melihat cara hidup kita dan berpikir tentang apa yang perlu kita ubah. Kuncinya terletak pada berpikir dan melihat diri kita sendiri. ada harapan.”