BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

10 fakta berita hari ini

1 Rusia melaporkan bahwa penyeberangan perbatasan dibom

Di perbatasan antara Ukraina dan Rusia, perbatasan di Krupets diserang oleh Ukraina, menurut Moskow. Menurut gubernur wilayah Kursk Rusia barat, Roman Starovogt, ini terjadi sekitar pukul 7 pagi, waktu Belgia, dengan menggunakan “mortir”.

Gubernur mengatakan tidak ada korban luka atau kerusakan. Dia menunjukkan bahwa penjaga perbatasan Rusia juga melepaskan tembakan dan menghentikan pengeboman.

Pada awal April, Rusia menuduh Ukraina menyerang sasaran di kota Belgorod, Rusia, yang menyebabkan kebakaran di depot minyak. Kiev membantahnya.

2 EasyJet berhenti dengan pesawat sewaan dari Rusia

EasyJet telah membatalkan kontrak sewa enam pesawat yang disewa dari sebuah perusahaan Rusia. Perusahaan Inggris melakukan ini pada awal perang di Ukraina agar tidak melanggar sanksi, meskipun tidak segera jelas apakah sewa pesawat jatuh di bawah sanksi.

Kasus tersebut patut dicatat karena selama ini hanya diketahui kasus maskapai penerbangan Rusia yang mencarter pesawat di Barat. Pemerintah Rusia tidak lagi mengizinkan perangkat ini meninggalkan Rusia dan Belarusia, karena jika tidak, ada risiko pengambilalihan perusahaan persewaan. Ini menyangkut ratusan pesawat dari Airbus dan Boeing.

Enam pesawat easyJet yang disewa dari anak perusahaan GTLK milik negara Rusia adalah Airbus A319. Hal-hal tersebut tetap konstan sejak Maret 2020, karena permintaan perjalanan udara terhenti akibat pandemi Corona. Hanya segelintir maskapai non-Rusia lainnya yang menyewa pesawat dari GTLK.

3 Putin mengkonfirmasi partisipasinya dalam KTT G20 pada bulan November, menurut Indonesia

Presiden Rusia Vladimir Putin mengkonfirmasi keikutsertaannya dalam pertemuan puncak Kelompok Dua Puluh, Kelompok 19 negara industri dan Uni Eropa, yang akan diadakan musim gugur mendatang. Hal ini diumumkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Indonesia saat ini menjabat sebagai presiden G-20.

Sementara itu, Kremlin hanya mengatakan bahwa “Rusia sedang mempersiapkan KTT” yang akan diadakan pada bulan November di pulau Bali. Namun, menurut juru bicara Dmitry Peskov, masih terlalu dini untuk berbicara tentang modalitas partisipasi Rusia.

Perang yang telah dilancarkan Rusia terhadap Ukraina selama lebih dari dua bulan telah membayangi persiapan KTT. Kita tahu bahwa G-20 merupakan katalis bagi pemulihan ekonomi global. “Dua hal yang mempengaruhi pemulihan ini: Corona dan perang di Ukraina,” kata Jokowi dalam pidato di YouTube. Dengan pemikiran itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengundang KTT pada bulan November.

Washington, bersama dengan beberapa negara industri lainnya, percaya bahwa Moskow harus dikeluarkan dari G-20 karena invasi ke Ukraina, tetapi anggota lain, seperti China dan Indonesia, tidak menginginkan itu.

READ  Spotted: Restoran Indonesia Baru di Jantung Zwolle

4 Keluarga Sanda Zia menangguhkan gugatan dan pergi ke Pengadilan Banding

Pengacara keluarga Sanda Dea, Sven Marie dan Natalie Boisseret, menekan tombol darurat dalam gugatan Reuzegom dan memulai proses di Pengadilan Banding.

Pasalnya, pernyataan Presiden pada Senin, menyusul tuntutan jaksa, di mana dia mengatakan bahwa dia hanya berwenang untuk menilai fakta di Vorselaar (pembaptisan itu sendiri) dan bukan tentang penjualan mawar, minum alkohol dan acara di tempat parkir mobil Leuven.

5 Meninggal di truk Essex: Dewan Kamar merujuk pemuda Vietnam ke pengadilan pidana

Dalam kasus 39 imigran Vietnam yang tewas dalam truk berpendingin, Kamar Dewan Bruges merujuk dua pemuda Vietnam ke pengadilan pidana. Para tersangka ditangkap di Inggris dan keduanya mengklaim, tidak berhasil, bahwa mereka masih di bawah umur.

Pada 23 Oktober 2019, 39 mayat ditemukan di sebuah truk berpendingin di Grays di wilayah Essex di Inggris selatan. Segera menjadi jelas bahwa kontainer itu telah meninggalkan Zeebrugge menuju Purfleet sore sebelumnya. Di bagian Belgia penyelidikan, dua penyelidik muncul di Anderlecht dalam pandangan penuh penyelidik. Secara total, geng di sekitar Vo Van Hong (45) dapat dikaitkan dengan 130 transfer.

N. Sy Tai (20) ditangkap di Worcestershire pada Desember 2020. Setelah menyerahkan diri ke Belgia, dia dipenjara untuk pertama kalinya selama dua bulan di lembaga pemuda tertutup di Everberg. Sementara itu, ternyata Tai memang senior pada saat fakta. Itu akan menjadi Alex T. Juga bagian dari manajemen menengah organisasi penyelundupan manusia. Tersangka tidak dapat ditangkap di Middlesbrough, Inggris hingga 17 Juni 2021. Dia juga mengaku sia-sia bahwa dia masih di bawah umur.

6 Serangan Paris: Jaksa menuntut dua dan lima tahun penjara untuk tersangka pertama

Dalam persidangan bagian Belgia dari penyelidikan atas serangan 13 November 2015 di Paris, Kantor Kejaksaan Federal meminta dua dan lima tahun penjara terhadap dua tersangka pertama, Sami Gedo dan Youssef Bazorouj.

Ini adalah hukuman tambahan, karena kedua orang itu sebelumnya telah dijatuhi hukuman masing-masing 13 dan lima tahun penjara, karena mereka telah melakukan perjalanan ke Suriah dan bergabung dengan Negara Islam di sana.

7 Turki sekarang juga menuduh Yunani melanggar wilayah udaranya

Turki menuduh Yunani melakukan pelanggaran wilayah udara Turki, sehari setelah tuduhan serupa dilakukan oleh Athena. Sebuah sumber keamanan Turki, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa “pesawat Angkatan Udara Yunani melanggar wilayah udara Turki 30 kali dalam tiga hari.”

READ  'Pengungsi Afghanistan akan mengganggu ketertiban dunia'

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis. afp

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis kemarin mengumumkan bahwa dia telah memberi tahu NATO, Dewan Keamanan PBB dan Uni Eropa tentang “perilaku provokatif Turki”, yang diduga melanggar wilayah udara Yunani dan “berbahaya terbang di atas pulau-pulau Yunani”.

Tuduhan itu muncul kurang dari dua bulan setelah pertemuan di Istanbul antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan perdana menteri Yunani. Kemudian mereka memutuskan, mengingat perang di Ukraina, untuk fokus pada apa yang menyatukan mereka daripada perbedaan.

Turki dan Yunani adalah tetangga dengan hubungan yang penuh. Kedua negara adalah anggota NATO, tetapi mereka secara terbuka memperebutkan hak berdaulat dan cadangan gas alam lepas pantai. Athena adalah bagian dari Uni Eropa, dan Ankara bukan. Turki telah berulang kali menolak untuk mengakui kedaulatan Yunani atas beberapa pulau di Aegean timur, termasuk Rhodes, Kos dan Samos. Persenjataan mereka dilarang oleh Perjanjian Lausanne (1923) dan Paris (1947). Athena membenarkan militerisasi dengan mengancam beberapa kapal pendarat di pantai barat Turki dan menyerukan hak membela diri.

8 Kerumunan di Schiphol: KLM membatalkan puluhan penerbangan, Corendon pindah ke Rotterdam

Itu sangat sibuk di Bandara Schiphol Belanda. Pekan lalu, massa telah menyebabkan pemogokan spontan oleh karyawan. Bandara meminta maskapai untuk membatalkan penerbangan terlebih dahulu dan membatalkan pemesanan baru untuk menghindari kekacauan. Belanda sekarang memiliki hari libur Mei, di mana sekolah ditutup selama seminggu.

KLM sudah membatalkan puluhan penerbangan pada hari Jumat karena keramaian. Menurut seorang juru bicara, ini adalah tindakan pencegahan untuk “mengurangi beban kerja”. Maskapai ini juga akan membatalkan penerbangan akhir pekan ini, tetapi detailnya belum diketahui.

Corendon sedang mempelajari apakah dapat mentransfer ke bandara lain di Belanda dalam beberapa hari mendatang, seperti yang ada di Rotterdam. Inilah yang dikatakan CEO Stephen van der Heyden. Dia mengatakan bepergian ke luar negeri bukanlah suatu pilihan.

Di sisi lain, organisasi perjalanan TUI mempertahankan posisi sebelumnya untuk tidak membatalkan penerbangan. Liburan Mei jelas merupakan hari libur keluarga. “Kami tidak ingin mengecewakan para pelancong ini,” kata seorang juru bicara. TUI mengatakan selalu membahas solusi.

Selain keramaian, arah angin yang tidak mendukung juga menyebabkan terganggunya jadwal penerbangan.

9 Dua kali lebih banyak migran yang hilang atau meninggal di laut pada tahun 2021

READ  Bearing Point untuk mengurangi separuh emisi CO2 pada tahun 2025

PBB melaporkan bahwa lebih dari 3.000 migran meninggal atau hilang di laut tahun lalu ketika mencoba mencapai Eropa. Ini dua kali lipat dibandingkan tahun 2020.

1.924 orang dinyatakan tewas atau hilang di jalan-jalan Mediterania tengah dan barat. Shabiya Mantou, juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, mengatakan 1.153 orang lainnya hilang atau meninggal di rute laut Afrika barat laut ke Kepulauan Canary. “Pada 2020, total 1.544 meninggal di dua rute digabungkan.” Angka tersebut juga menunjukkan bahwa 478 orang telah hilang di jalur migrasi laut tahun ini.

Penyeberangan dari negara-negara pesisir Afrika Barat ke Kepulauan Canary adalah contoh perjalanan laut yang berbahaya yang bisa memakan waktu hingga sepuluh hari. Banyak kapal pengungsi kehilangan arah dalam perjalanannya atau menghilang ke dalam air karena alasan lain tanpa mencapai tujuan.

Menurut Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, angka pada tahun 2021 dipengaruhi oleh pandemi Corona dan penutupan perbatasan yang menyertainya. Banyak pengungsi dan migran yang putus asa bergantung pada penyelundup manusia untuk menyeberang, yang mengarah ke perjalanan yang berbahaya. Penyeberangan sering terjadi di perahu karet yang penuh sesak dan tidak layak laut, lanjut Mantou. Jalan liar juga berbahaya. Menurut organisasi itu, lebih banyak orang mungkin mati di sana daripada di laut.

UNHCR memperingatkan tentang masa depan: “Ketidakstabilan dan konflik politik, tetapi juga dampak dari kondisi sosial-ekonomi dan perubahan iklim dapat menyebabkan peningkatan jumlah pengungsi dan migran.” Organisasi tersebut menyerukan dukungan bantuan kemanusiaan dan upaya pemeliharaan perdamaian, untuk mengembangkan alternatif yang lebih aman untuk migrasi dan untuk meningkatkan kerangka hukum seputar migrasi.

10 Grup Sportpaleis selanjutnya ‘be.at’

Grup Sportpaleis mengubah namanya menjadi “be.at”. “Nama baru lebih akurat,” kata perusahaan itu.

Selain Sportpaleis dan Lotto Arena di Antwerp, grup Sportpaleis juga mengoperasikan Stadsschouwburg di Antwerp, Capitole di Ghent, Vorst Nationaal, Trixxo Arena, dan Teater Trixxo di Hasselt. Untuk menekankan hal ini dan memberikan kamar “identitas yang lebih terlihat”, selanjutnya akan dipasarkan di bawah “be.at”.

be.at menjelaskan. “Rebranding berjalan seiring dengan ambisi yang kuat untuk tumbuh dan meningkatkan layanan pelanggan sambil memberikan prioritas mutlak untuk bisnis yang berkelanjutan.” Grup ingin lebih fokus pada lokasi pop-up, seperti plaza darurat di Middelkerke.