BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

10 Shades and Total Darkness: Para sukarelawan kembali setelah 40 hari diisolasi di sebuah gua Prancis

Kelompok itu secara sukarela berada di dalam gua, di mana suhunya hanya 10 derajat dan gelap gulita. Ide untuk percobaan ini adalah untuk mengetahui bagaimana mereka akan menghadapi situasi yang tidak biasa ini.

“Ini sangat panas,” kata salah satu peserta seperti dikutip Associated Press. Para peserta dikurung di Gua Lombrives dekat Andorra.

Ketergantungan pada jam biologis

Di sana mereka harus membuang telepon dan alat komunikasi lainnya, tanpa jam dan tanpa cahaya matahari. Mereka juga tidak beristirahat dan harus menghasilkan listrik sendiri dengan sepeda.

Anggota kelompok harus bergantung pada jam biologis mereka untuk menentukan kapan harus makan, minum dan tidur. Mereka tidak menghitung berapa hari, tapi berapa kali mereka pergi tidur.

Sepuluh hari lagi

Hitungan itu tidak berjalan dengan baik: kelompok itu yakin mereka harus tinggal 10 hari lagi. Sebagian besar peserta ingin kembali ke gua untuk menyelesaikan eksperimen yang telah mereka mulai.

Hasil percobaan dapat menjelaskan sesuatu tentang kemampuan manusia untuk beradaptasi dalam situasi isolasi, seperti pandemi Corona, misalnya.

Eksperimen itu juga dikritik: Para ilmuwan menunjukkan bahwa tidak ada kelompok kontrol untuk membandingkan hasil.

READ  Jeff Bezos memprotes dengan Blue Origin menentang pilihan SpaceX | di luar negeri