BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bolsonaro: “Tentara akan turun ke jalan untuk memulihkan ketertiban jika Anda mau.” di luar negeri

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan pada hari Jumat bahwa dia mengharapkan kepatuhan dari militer jika dia memerintahkan tentara di jalan untuk memulihkan ketertiban. Komentar presiden populis sayap kanan menimbulkan pertanyaan lebih lanjut tentang netralitas politik militer.




Bolsonaro mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia tidak ingin menjelaskan secara rinci “tentang apa yang saya persiapkan”. Presiden berkata, “Jika kami mendapat masalah, kami punya rencana.”

Dia merujuk pada tindakan Corona yang sangat dia lawan, seperti karantina dan penutupan yang diberlakukan oleh penguasa regional. Saya adalah panglima tertinggi angkatan bersenjata. Jika Anda memberi perintah, suatu hari militer kami dapat turun ke jalan untuk mengakhiri jam malam pengecut ini, dan menjamin hak untuk datang dan pergi sesuai keinginan Anda, serta hak untuk bekerja atau mengadakan kebaktian gereja. Untuk menjamin semua hal yang tidak mungkin dilakukan oleh para penguasa dan beberapa walikota dan mengganggu seluruh masyarakat. ”

Komentar Bolsonaro, mantan perwira militer yang secara nostalgia merujuk kepada mantan kediktatoran militer di Brasil, tidak banyak membantu meyakinkan para pengkritiknya. Mereka menuduh presiden mencoba mengendalikan tentara dengan pengangkatan. Juga, beberapa kritikus Bolsonaro khawatir bahwa tidak akan ada perpindahan kekuasaan secara damai jika dia kalah dalam pemilihan tahun depan.

Bolsonaro berada di bawah tekanan yang meningkat ketika epidemi Corona di Brasil mencapai proporsi yang sangat dahsyat. Dia dikritik di negaranya karena pendekatannya terhadap epidemi. Brasil memiliki jumlah kematian akibat korona terbesar di dunia setelah Amerika Serikat.

Bulan lalu, Bolsonaro menunjuk mantan kepala stafnya sebagai menteri pertahanan dan menggantikan komandan seluruh tentara. Keputusan ini, yang merupakan bagian dari perombakan kabinet, menyebabkan keresahan besar di antara banyak petinggi militer.

READ  langsung | Warga Inggris marah pada kebijakan perjalanan Prancis yang keras | pedalaman

Sejak pemilihannya pada 2018, Bolsonaro secara teratur membuat pernyataan tidak berdasar tentang kecurangan pemilu di Brasil. Menurut para pengkritiknya, ini adalah tindakan awal yang pada akhirnya menantang hasil pemilihan terbalik dengan cara yang sama seperti contoh Bolsonaro dari Donald Trump di Amerika Serikat.

Bolsonaro menyatakan dukungannya untuk Trump ketika dia bersikeras, setelah pemilihan November, tanpa bukti bahwa dia kalah dalam pemilihan karena penipuan. Kampanye disinformasi Trump pada akhirnya memuncak dengan para pendukungnya menyerbu Capitol pada 6 Januari, menewaskan banyak orang.


Tonton video kami tentang Coronavirus di sini: