BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

34 orang tewas akibat longsor di Sumatera

34 orang tewas akibat longsor di Sumatera

berita NOS

Sedikitnya 34 orang tewas akibat banjir dan tanah longsor di Sumatera, Indonesia. Hal ini dilaporkan oleh kantor berita AFP berdasarkan otoritas setempat. Sedikitnya delapan belas orang terluka.

Setidaknya 16 orang tewas di Kabupaten Agam dan 18 di Kabupaten Tanah Dadar pada hari Minggu, kata juru bicara badan penanggulangan bencana provinsi Sumatera Barat. Pencarian enam belas orang hilang sedang dilakukan. Polisi dan tentara bekerja sama dengan relawan dan petugas penyelamat setempat. Pemerintah setempat telah mendirikan tempat penampungan darurat.

Situasi memburuk di kedua provinsi tersebut sejak Sabtu malam. Abu vulkanik, pasir, dan kerikil dari gunung berapi Marabi bercampur dengan air banjir akibat hujan.

Kerusakan akibat semburan lumpur ini terlihat jelas dari udara:

Pemandangan udara Sumatera pasca longsor

Gunung berapi Marabi sangat aktif di Indonesia. Saat terjadi letusan pada bulan Desember, abu terlempar hingga tiga kilometer ke udara. Lebih dari dua puluh pendaki tewas.

hujan deras

Terdapat total 130 gunung berapi di Indonesia. Negara ini juga sering dilanda bencana alam seperti banjir dan tanah longsor selama musim hujan. Pada bulan Maret, hujan lebat di Sumatera Barat menewaskan sedikitnya sembilan belas orang.

READ  Pengiriman dari Indonesia dengan 12 Covit-19 Baru Impor, Berita Singapura dan Cerita Terbaik