BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

4 asteroid akan mendekati Bumi pada Groundhog Day, termasuk asteroid seukuran Empire State Building

4 asteroid akan mendekati Bumi pada Groundhog Day, termasuk asteroid seukuran Empire State Building

Para ilmuwan mengatakan empat asteroid akan mendekati Bumi pada hari Jumat, termasuk batu luar angkasa berukuran gedung pencakar langit yang akan melintas dalam jarak 1,7 juta mil dari planet kita.

Jangan khawatir: Kecil kemungkinan asteroid besar itu akan menabrak kita, karena jaraknya tujuh kali lipat dari Bumi ke Bulan.

NASA Pusat Studi Objek Dekat Bumi Asteroid terbesar yang menuju ke arah kita diperkirakan berukuran antara 690 kaki dan 1.575 kaki. Artinya, asteroid tersebut mungkin berukuran serupa dengan Empire State Building di New York City atau Willis Tower di Chicago.

Asteroid tersebut ditemukan pada tahun 2008 dan diklasifikasikan sebagai… OS7 2008. Ia tidak akan kembali lagi kepada kita hingga tahun 2032, namun pertemuannya akan jauh lebih jauh, masih 45 juta mil jauhnya.

Kecelakaan yang tidak berbahaya ini adalah salah satu dari beberapa pertemuan yang terjadi minggu ini. Tiga asteroid yang jauh lebih kecil juga akan mengorbit Bumi pada hari Jumat tanpa menimbulkan kerusakan apa pun, dengan lebar tidak lebih dari puluhan meter, ditambah dua asteroid lagi pada hari Sabtu. Pada hari Minggu, sebuah asteroid berukuran sekitar setengah dari 2008 0S7 akan lewat, berjarak 4,5 juta mil jauhnya.

NASA mengatakan pada hari Kamis Januari lalu, 34.151 asteroid dekat Bumi ditemukan, termasuk 50 batuan luar angkasa yang ditemukan berukuran lebih dari satu kilometer.


NASA menyebutkan ada 107 asteroid dekat Bumi yang melintas dekat Bulan dalam 365 hari terakhir, termasuk tujuh dalam 30 hari terakhir.

Bulan lalu, asteroid kecil Itu memasuki atmosfer bumi Ia terbakar saat meluncur ke langit di Jerman Timur.

Juni lalu, sebuah observatorium astronomi mengambil gambar sebuah asteroid yang terbang “sangat dekat” dengan Bumi, dan menghasilkan sesuatu yang tampak seperti asteroid. Interval acaraIni menunjukkan asteroid bergerak dengan kecepatan lebih dari 2.000 mil per jam.

NASA juga Pengamatan asteroid Ada kemungkinan akan bertabrakan dengan Bumi pada Hari Valentine tahun 2046. Namun Badan Antariksa Eropa memperkirakan kemungkinan asteroid bertabrakan dengan planet kita adalah 1 berbanding 607.

READ  5 planet akan berbaris di langit malam minggu ini. Inilah cara melihatnya