BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

5 planet akan berbaris di langit malam minggu ini.  Inilah cara melihatnya

5 planet akan berbaris di langit malam minggu ini. Inilah cara melihatnya

Pengamat bintang melihat ke langit malam dekat Bobcaygeon, Ontario, Kanada 12 Agustus 2015. File foto oleh Fred Thornhill/Reuters

NEW YORK (AP) — Amati langit minggu ini untuk kesempatan menyaksikan hangout planet ini.

Lima planet – Merkurius, Jupiter, Venus, Uranus, dan Mars – akan berbaris di dekat Bulan.

Di mana dan kapan Anda bisa melihatnya?

Hari terbaik untuk menangkap seluruh kelompok adalah Selasa. Anda pasti ingin melihat ufuk barat tepat setelah matahari terbenam, kata Bill Cook, seorang astronom NASA.

Planet-planet akan memanjang dari garis cakrawala hingga sekitar setengah di atas langit malam. Tapi jangan terlambat: Merkurius dan Jupiter akan turun dengan cepat di bawah cakrawala sekitar setengah jam setelah matahari terbenam.

Baca selengkapnya: Para astronom menemukan 12 bulan baru di sekitar Jupiter, sehingga jumlahnya melonjak menjadi 92

Penyebaran kelima planet tersebut dapat dilihat dari mana saja di Bumi, asalkan Anda memiliki langit cerah dan pemandangan ke Barat.

“Itulah keindahan dari keselarasan planet ini,” kata Cook. “Tidak perlu banyak.”

Pemandangan bulan sabit dan Venus (di bawah) setelah bulan menghilangnya planet kedua dari matahari, dari Kota Kuwait, 24 Maret 2023. Foto oleh Yasser Al-Zayyat/AFP via Getty Images

Apakah saya perlu teropong?

Mungkin. Cook mengatakan akan sangat mudah untuk melihat Jupiter, Venus, dan Mars karena bersinar sangat terang. Venus akan menjadi salah satu objek paling terang di langit, dan Mars akan menggantung di dekat bulan dengan pancaran kemerahan. Merkurius dan Uranus mungkin lebih sulit dikenali karena jauh lebih gelap. Anda mungkin perlu mengambil teropong.

Dia menonton: Merkurius berbaris di antara Bumi dan Matahari

READ  NASA dan JAXA memecahkan masalah satelit astronomi sinar-X baru

Jika Anda seorang kolektor planet, kata Cook, ini adalah kesempatan langka untuk melihat Uranus, yang biasanya tidak terlihat. Cari cahaya hijau di atas Venus.

Apakah ini sering terjadi?

Berbagai jumlah dan kelompok planet berbaris di langit dari waktu ke waktu. Ada lineup Five Planets musim panas lalu, dan ada lineup lain di bulan Juni, dengan dandanan yang sedikit berbeda.

Cook mengatakan jenis penyelarasan ini terjadi ketika orbit planet berbaris di satu sisi matahari dari perspektif Bumi.

Meninggalkan:
Pengamat bintang melihat ke langit malam dekat Bobcaygeon, Ontario, Kanada 12 Agustus 2015. File foto oleh Fred Thornhill/Reuters